Sunday 19 April 2015
DATASHEET :

DVD Player : Cara Perbaikan

Dvd player sudah menjadi barang kebutuhan yang selalu ada di setiap rumah, sebagai media hiburan selain televisi maupun radio. Dahulu untuk mendapatkan Dvd Player mesti mengeluarkan uang yang lumayan mahal, walaupun Dvd Player yang kita beli produk dari cina. Gimana yang bermerk seperti keluaran dari pabrikan Japan? seperti Sony, Pioner, Kenwood , Jvc dll , kagak kebeli pastinya untuk sebagian orang.

Kini dengan semakin majunya teknologi, Dvd player pabrikan Cina semakin murah saja. Dengan begini semakin banyak orang yang bisa membeli tentunya. Harga murah membuat kita heran, berapa modal yang mesti dikeluarkan untuk membuat satu buah Dvd Player? Kalau kita bandingkan dengan pembelian sparepart apabila Dvd Player mengalami kerusakan’ Terlampau jauh bedanya tentunya dari nilai uang yang mesti kita keluarkan, tidak ketemu cara buat menghitungnya.

Karena harga yang murah apabila dvd player mengalami kerusakan, buat sebagian orang mungkin di buang dan membeli lagi yang baru. Sayang kalau langsung di buang mending coba di cek dahulu dimana letak kerusakannya, kalau rusaknya parah barulah bisa dibuang hehehe…….. Dari sekian banyak kasus yang sering kita temui salah satunya ini.

Dvd Vitron dengan kondisi matot/mati-total, langkah-langkah untuk memperbaiki kondisi seperti ini diantaranya sebagai berikut:

1  Cek Power Supply,komponen yang mesti kita cek adalah Capasitor terutama dengan nilai 1000uf/16volt. Apabila menemukan Dvd Player yang sudah agak lama/model lama coba diganti Capasitor 47uf/450volt. Hampir setiap kasus kerusakan yang kita terima untuk merk ini ada pada Capasitor-nya, untuk komponen lain dalam rangkaian Power Supply jarang mengalami kerusakan. Capasitor memang sering mengalami kerusakan karena terpapar udara panas dari komponen Dioda penyearah dalam waktu yang lama. Seperti ini contohnya:

Power Supply DVD/ Komponen yang terkena hawa panas dengan tanda lingkaran merah

2  Jika Power Supply bagus tapi tetap tidak mau hidup juga Dvd Player-nya, coba di cek Transistor pada Mpeg. Karena memang terjadi kerusakan disini, type S8550 transistor yang digunakan pada mpeg. Sebenarnya bila mau lebih awet Transistor-nya diberikan kepingan pendingin.Masih ada penyebab lain yang menyebabkan Dvd Player tidak mau hidup, kita tidak bahas disini. diantara beberapa penyebab Mpeg tidak mau hidup inilah salah satunya, Letak Transistor pada Mpeg seperti tampak pada gambar berikut:

Mpeg dvd/ Posisi transistor dengan tanda lingkaran merah

Inilah tampak Transistor pengganti untuk Mpeg, pada gambar berikut:

Transistor S8550/ untuk regulator Mpeg DVD

3 Pada tahap ini sudah bisa kita pastikan Dvd Player sudah bisa hidup, disini kita juga menemukan trouble pada Keypad Panel. Jika kita coba tekan tombol power, sama sekali tidak ada respon di Mpeg. Hal ini disebabkan oleh switch yang ada di panel, ada karat pada Platina-nya sebaiknya diganti supaya bisa berfungsi lagi. Berikut contoh switch pada panel:

switch panel /dengan tanda lingkaran merah

Switch mengalami kerusakan tentunya karena jarang dipakai, mungkin selalu menggunakan remote dalam pengendaliannya. Seperti kita ketahui Keypad pada panel hanya ada beberapa fungsi sedangkan pada remote control mewakili semua fungsi. Sampai sini saja cara perbaikannya karena Dvd PlayerVitron sudah kembali hidup, Syukurnya komponen lain seperti Optik dan Motor SP/LP tidak mengalami kerusakan. Selesai sudah servisan kita, Alhamdulillah .

Hasil Akhir:

front panel player dvd vitron

Enhanced by Zemanta
40 Comments