Artikel Terbaru

Tuesday, April 23, 2024
Tips & Trik

Double Din Sansui 5202i Kadang Mau Hidup Kadang Tidak

Diagnosa

Double Din Sansui 5202i info dari usernya… ini terkadang bisa hidup setelah dilepas dan pasang soket powernya, setelah saya test double din sansui ini tidak mau hidup sama sekali.

Modelnya :

contoh gambar setelah dilakukan perbaikan

Apakah yang menyebabkannya ?

Awal saya cek tengangan masuk ke setiap rangkaian, supply tegangan utama 12 volt dan masuk ke system control diturunkan menjadi 5 volt. Saya ukur tegangan untuk sistem control vcc 5 volt tersedia dan saya ukur dibagian switch on off pada panel juga tersedia. Jadi lanjut pengukuran dibagian supply tegangan 5 volt untuk rangkaian MPEG dan lain-lainnya, hasilnya vcc 5 volt tidak tersedia ( tidak ada ) ini disebabkan adanya resistor yang hangus ( karena panas yang berlebih ). Resistor saat saya ukur masih berfungsi tapi disini saya gantikan dengan daya yang lebih besar, untuk meminimalkan panas karena beban yang terpasang.

Setelah resistor saya gantikan, vcc 5 volt saya ukur sudah tersedia dan saya coba hidupkan unitnya ? masih belum bisa tampil ( masih blank layar lcdnya ). Lanjut saya ukur vcc 3,3 volt dan 1,2 volt disini ternyata vcc 1,2 volt hanya terukur 0.2 volt , dioda kondisinya sudah lemah jadi langsung saya gantikan, tampilan lengkap dalam gambar :

Hasil akhirnya Alhamdulillah, Double Din Sansui 5202i sudah kembali normal ( dokumentasi dalam video )

Semoga bisa bermanfaat

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

tips ,trik,servis,elektronik yang kita tuliskan adalah pengalaman kerja kita sehari-hari semoga bisa bermanfaat , apabila ada kesulitan atau kurang jelas silahkan tinggalkan komentar anda....

Related Posts

1 of 85