Artikel Terbaru

Tuesday, May 28, 2024
LCD tvTips & Trik

LCD TV Sharp Aquos LC32L4071 Mode K No Signal

Diagnosa

Sharp Aquos 32 inc mengalami kerusakan pada sistem penerimaan, dimana tidak ada satupun siaran televisi yang bisa di terima. Kita coba untuk memprogram ulang secara automatis, tetap saja hasilnya sama hanya raster saja yang tampak pada layar monitornya.

Model LCD TV Sharp :

Model LCD TV SHARP AQUOS

Dimanakah letak permasalahannya ;

Penerimaan siaran televisi selalu menggunakan Tuner sebagai komponen utamanya, apakah pada kasus ini kerusakan ada pada Tuner-nya. Untuk memastikannya kita lakukan pengukuran tegangan output di input pin VT Tuner. Caranya adalah dengan menggunakan multitester dengan batas ukur DC50 volt, dan tempelkan prob merah pada kaki Tuner no 7 dari sebelah kiri , biar mudah bisa dilihat pada gambar berikut:

Tuner LCD TV SHARP AQUOS

Disini kita melihat supply ke VT Tuner yaitu dari 0 sampai 32 volt , jadi sudah jelas Tuner tidak mengalami kerusakan. Di layar monitor LCD kita lihat ada huruf K  di pojok atas sebelah kiri, mungkin ini penyebab utamanya yang membuat televisi tidak bisa menerima siaran. Ternyata memang benar setelah saya masuk ke dalam servis mode , saya lihat parameter data setting terjadi perubahan, option AGC-nya . Parameter option 255 untuk AGC saya rubah ke angka 9.

Saya matikan LCD-nya untuk menyimpan setting baru , selanjutnya kita coba hidupkan LCD-nya lalu scan otomatis ?  Hasilnya Alhamdulillah LCD ini sudah bisa menerima siaran.

 

Tambahan ;

Hilangkan mode K  ?

  • Kondisi mati ( cabut kabel powernya )
  • Tekan tombol vol – dan input ( tahan kedua tombol )
  • Dalam kondisi kedua tombol itu di tekan, hubungkan kabel power
  • Lepaskan kedua tombol setelah tv menyala

Option mode K ?

  • Saat mode K aktif
  • Tekan tombol vol – dan prog – ( sama-sama ( berbarengan ) )
  • Akan tampil parameter ( tinggal scrol )

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 3.8 / 5. Vote count: 16

No votes so far! Be the first to rate this post.

tips ,trik,servis,elektronik yang kita tuliskan adalah pengalaman kerja kita sehari-hari semoga bisa bermanfaat , apabila ada kesulitan atau kurang jelas silahkan tinggalkan komentar anda....

Related Posts

1 of 85