Artikel Terbaru

Saturday, April 13, 2024
Belajar elektronikTelevisionTips & Trik

Vertikal tidak simetris

Kasus kerusakan televisi yang sering terjadi ada dibagian vertikal seperti kasus yang satu ini tampilan gambar tidak semetris, maksudnya adalah gambar untuk bagian atas terlihat lebih tinggi sedangkan untuk bagian bawahnya lebih pendek. Jadi kalau kita lihat seperti ini :

contoh-vertikal-tidak-simet

Apakah yang menyebabkannya ?

IC Vertikal untuk kasus seperti ini dalam kondisi baik begitu pula dengan capasitor 1000uf/50 volt untuk vertikal output yoke defleksi.  Untuk memperbaiki kasus ini tidak susah karena kerusakan ada di capasitor 4,7 uf/volt untuk sistem feedback  V-Line . Posisi di mainboard :

capasitornya

Setelah kita pasangkan capasitor baru , nilai 3,3uf/50 volt tampilan gambar sudah kembali simetris. Hampir sama dari setiap kasus kerusakan seperti ini selalu karena capasitor walaupun mainboardnya beda, yang beda mungkin nilai capasitornya serta type IC Vertikalnya ( secara konsep adalah sama persis ) .

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 3 / 5. Vote count: 2

No votes so far! Be the first to rate this post.

tips ,trik,servis,elektronik yang kita tuliskan adalah pengalaman kerja kita sehari-hari semoga bisa bermanfaat , apabila ada kesulitan atau kurang jelas silahkan tinggalkan komentar anda....

Related Posts

1 of 95