Artikel Terbaru

Tuesday, April 23, 2024
TelevisionTips & Trik

TV Sanken 21 Ultra Slim Vertikal Problem

Diagnosa

Tv Sanken jika kita hidupkan hanya terlihat garis horizontal dilayar monitornya.

Model Tv Sanken :

sanken-ultra-slim

Apakah yang menyebabkannya ? segera kita selidiki

Permasalahan yang umum yang memang kerap terjadi di televisi model sekarang, temperatur kerja televisi yang cukup panas membuat Capasitor retan terjadi kerusakan. Tahap awal memang sudah bisa kita lihat adanya 2 Capasitor yang mengalami kerusakan dengan tanda bodynya menggelembung nilainya 1000uf/50 volt dan 2200uf/50 volt , seperti ini contohnya :

mainboard-tv-sanken-ultra-s

Setelah kita lakukan penggantian semuanya kembali normal, namun selang beberapa hari kasus ini kembali terjadi. Pemeriksaan kita lakukan dan hasilnya IC STV8172 dalam kondisi rusak, ini ditandai dengan fuses Resistor putus nilai 1 ohm/1 watt. Untuk capasitor 2200uf/50 volt yang telah kita ganti dalam kondisi baik, jadi kita tinggal lakukan penggantian IC dan Resistor saja. Proses pelepasan IC STV8172 dari alumunium pendingin agak sedikit merepotkan karena posisinya bautnya, untuk ini mesti lepaskan alumunium secara keseluruhan termasuk komponen Transistor Horizontal. Setelah bisa kita lepaskan barulah kita pasangkan IC STV8172 dan pasangkan kembali alumunium dan solder semua komponen yang terpasang.

Setelah selesai semuanya kini kita hidupkan tv Sanken-nya dan hasilnya Alhamdulillah tampilan gambar sudah kembali normal.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 1.5 / 5. Vote count: 4

No votes so far! Be the first to rate this post.

tips ,trik,servis,elektronik yang kita tuliskan adalah pengalaman kerja kita sehari-hari semoga bisa bermanfaat , apabila ada kesulitan atau kurang jelas silahkan tinggalkan komentar anda....

Related Posts

1 of 85