Artikel Terbaru

Sunday, July 21, 2024
TelevisionTips & Trik

Tv Polytron MX52SV58 Matot/ Mati-total

Diagnosa

Televisi Polytron MX52SB58 jika kita coba hidupkan ? Terdengar suara cuit dari dalam televisi sedangkan pada layar monitor sama sekali tidak ada tampilan gambar apalagi suaranya.

Model tv Polytron :

model tv polytron mx52sb58

Apakah yang menyebabkannya ? Segera kita selidiki .

Suara cuit yang terdengar dari dalam televisi itu sudah menjadikan ciri khas adanya kerusakan dibagian power supply, dalam hal ini supply tegangan terbesar atau lebih dikenal dengan sebutan B+ mengalami konsleting. Untuk mengetahui komponen yang mengalami kerusakan cara paling mudah adalah dengan melepaskan transistor horizontal dari mainboard, setelah kita coba hidupkan tv-nya dan hasilnya suara cuit sudah tidak terdengar lagi.

Jadi permasalahan ada di transistor horizontal dan untuk memperbaiki hal ini tentunya kita tinggal mengganti transistor tersebut, sedikit tambahan tv ini sudah pernah dipegang teknisi lain dan dia sempat mengganti transistor tersebut beserta capasitor area horizontal . Penggantian transistor beserta capasitor kemungkinan mempunyai nilai diatas rata-rata, transistor tidak original + capasitor 15nf/2kv diganti dengan 17,3 nf/2kv. Posisi transistor horizontal di mainboard:

posisi-C-+-TR

Disini kita pasangkan transistor horizontal pengganti type BU2520DF dan capasitor 15nf/2kv dan setelah selesai proses pemasangan kini kita coba hidupkan tv Polytron-nya dan hasilnya Alhamdulillah tv Polytron sudah bisa hidup kembali dan setelah kita perhatikan  tampilan gambar dalam porsi optimal. Selesai sudah perbaikan yang kita lakukan untuk tv Polytron ini sedikit kita lakukan resolder di area yang rentan terjadi keretakkan timah soldernya.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

tips ,trik,servis,elektronik yang kita tuliskan adalah pengalaman kerja kita sehari-hari semoga bisa bermanfaat , apabila ada kesulitan atau kurang jelas silahkan tinggalkan komentar anda....

Related Posts

1 of 85