Artikel Terbaru

Friday, July 12, 2024
TelevisionTips & Trik

Televisi Sharp 51R500 Mati-Total

Diagnosa

Televisi Sharp 51R500 , tidak ada tanda-tanda kehidupan lampu indikator tidak menyala ketika saya coba hidupkan televisinya.

Model televisi Sharp :

Televisi Sharp 51R500

Apakah yang menyebabkannya ? Segera saya selidiki.

Awal pemeriksaan dimulai dengan mengukur transistor yang ada di power supply unit ( PSU , type 2SD1884. Hasil pengukuran saya dapatkan transistor dalam kondisi rusak. Hasil pengukuran dengan multitester kaki basis ke colector maupun emitor dalam keadaan tidak ada hambatan ( 0 ohm ) .

Pemeriksaan lanjutan saya lakukan mengingat rusaknya transistor ini bisa memanjang, maksudnya bisa berdampak ke komponen yang lain, sebut saja IC TEA 2261. Untuk mengetahui masih berfungsi atau tidak IC TEA 2261 bisa diukur dengan multitester dan untuk mengetahuinya televisi mesti dihidupkan terlebih dahulu.

Transistor 2SD1884 yang mengalami kerusakan saya lepaskan dari papan PCB lalu saya pasangkan fuses ( sikring ) baru, selanjutnya barulah saya ukur supply tegangan untuk basis transistor 2SD1884. Output tegangan dari IC Tea

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 3.1 / 5. Vote count: 33

No votes so far! Be the first to rate this post.

1 2
tips ,trik,servis,elektronik yang kita tuliskan adalah pengalaman kerja kita sehari-hari semoga bisa bermanfaat , apabila ada kesulitan atau kurang jelas silahkan tinggalkan komentar anda....

Related Posts

1 of 85