Artikel Terbaru

Friday, April 12, 2024
TelevisionTips & Trik

Televisi Sanyo Gambar Hijau Bergaris

Diagnosa

Televisi Sanyo jika kita hidupkan tampak gambar pada layar monitor berwarna hijau serta ada garis-nya

Pada kasus kali ini,, jarang jarang kejadian kerusakan yang seperti ini. Ternyata kerusakan di akibatkan karena rasa ingin tahu yang punya televisi, dia buka televisi dan mencoba memperbaikinya sendiri. Akhirnya malah tambah rusak. Seperti ini tampilannya:

televisi sanyo warna hijau bergaris

Setelah melihat kondisi televisi seperti ini, langkah pertama yang kita lakukan adalah memeriksa rangkaian RGB output dari chipset dan ternyata memang sudah dalam kondisi rusak. Televisi Sanyo ini memakai Chipset LA 76818A bisa di lihat pada gambar di bawah:

IC LA76818

Sebelumnya kita coba cek IC EEPROM nya dahulu, karena bisa saja kasus seperti ini di sebabkan rusaknya ic eeprom. caranya adalah dengan melepaskan 1 pin ic eeprom-nya[ no 6 ] lalu kita hidupkan televisi-nya, Kalau ic eeprom-nya normal , televisi hidup dengan tampilan yang berbeda. Contohnya batas setting vertikal yang lebih lebar dari sebelumnya.

Disini karena memang kerusakan sudah bisa di pastikan dari IC LA 76818A maka segera di ganti selanjutnya kita coba hidupkan televisi? hasilnya Alhamdulillah televisi telah normal kembali, gambar pada layar monitor sudah tidak hijau lagi.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

tips ,trik,servis,elektronik yang kita tuliskan adalah pengalaman kerja kita sehari-hari semoga bisa bermanfaat , apabila ada kesulitan atau kurang jelas silahkan tinggalkan komentar anda....

Related Posts

1 of 85