Artikel Terbaru

Saturday, April 13, 2024
TelevisionTips & Trik

Televisi Samsung CS20H4ST Mati-Total

Diagnosa

Televisi Samsung jika kita hidupkan , sama sekali tidak ada tampilan pada layar monitor-nya dan lampu indikator juga tidak menyala.

Model televisi Samsung :

Televisi-Samsung-CS20H4ST-300x225

Apakah yang menyebabkannya ? Segera kita selidiki .

Kondisi mati-total bisa disebabkan oleh banyak asfek, untuk tahap awal pemeriksaan selalu kita mulai pada rangkaian power supply. Rangkaian power supply pada televisi ini menggunakan IC sebagai media utama-nya, kita adakan pengukuran pada capasitor untuk filter tegangan 300 volt. Lalu kita adakan pengukuran pada dioda zener untuk supply tegangan B-up IC Switching, dari keduanya kita dapatkan masih dalam keadaan normal.

Pemeriksaan kita lanjutkan pada bagian sekunder power supply, dari sini terhubung ke rangkaian penerimaan serta control untuk televisi. Kanal B+ dengan nominal 125 volt kita utamakan untuk diperiksa terlebih dahulu, tanpa kita hidupkan televisi cukup dengan memeriksa transistor horizontal atau mungkin lepaskan langsung untuk koneksi ke playback. Kita gunakan multitester dengan batas ukur X10 dan tempelkan prob hitam pada B+ sedangkan prob merah pada ground.

Hasil kita dapatkan semua juga masih bagus, tidak ada komponen yang shot. 2 poin sudah kita lakukan pemeriksaan jadi tinggal output power supply untuk bagian control yang belum kita periksa. Pada bagian ini menggunakan ic sebagai regulatornya type KA7632, apakah ic ini mengalami kerusakan? untuk mengetahui secara persis kita coba hidupkan televisi-nya, dan kita adakan pengukuran pada tegangan input untuk ic.

Terlihat pada multitester tegangan input masuk, dan yang tidak ada adalah tegangan output dari ic tersebut. Hal ini ternyata disebabkan karena timah solder yang tidak terhubung, sehingga tegangan supply untuk ke IC chipset tidak masuk dan menjadikan televisi mati-total. Perbaikan untuk ini hanya dengan menyolder ulang pada IC KA7632, tampilan pada mainboard bisa kita lihat pada gambar berikut:

IC-KA7632-Regulator-televis-300x225

Selesai kita solder ulang IC regulator-nya kini saatnya kita coba kembali hidupkan televisi ? Hasilnya alhamdulillah televisi Samsung sudah kembali hidup.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 1.5 / 5. Vote count: 2

No votes so far! Be the first to rate this post.

tips ,trik,servis,elektronik yang kita tuliskan adalah pengalaman kerja kita sehari-hari semoga bisa bermanfaat , apabila ada kesulitan atau kurang jelas silahkan tinggalkan komentar anda....

Related Posts

1 of 85