Artikel Terbaru

Friday, July 12, 2024
PlaystationTips & Trik

Playstation 2 Tidak mau Start Up

Diagnosa

Playstation 2 jika kita masukan aliran listrik terlihat lampu indikator standby menyala, tetapi ketika kita coba hidupkan dengan menekan tombol power tidak ada reaksi dari Playstation-nya dimana lampu indikator tetap berwarna merah.

playstation 2

Apakah yang menyebabkannya? Segera kita selidiki

Awal pemeriksaan kita coba ukur fuses dimana posisinya ada pada mainboard , dari hasil pengukuran kita dapatkan semua fuses dalam keadaan baik. Tahap selanjutnya kita coba melihat dan mengukur kabel fleksibel untuk fungsi tombol power dan open, disini kita melihat kabel dalam kondisi yang kurang baik.

Kemungkinan telah terjadi putus karena jika kita goyang-goyangkan kabel fleksibel lampu indikator standby terlihat hidup/ mati. Kabel fleksibel kita potong dan membuka kembali dengan pisau carter, setelah terlihat tembaga dari kabel fleksibel kita pasangkan kembali ke soket. Untuk klip penjepit kita gunakan bawaan aslinya, untuk ini mesti kita lepaskan sisa kabel fleksibel yang menempel padanya.

Setelah kabel fleksibel terpasang kita coba kembali fungsi power on-off, hasilnya tetap seperti semula tidak ada reaksi dari Playstation-nya. Kini kita coba ukur tegangan yang ada pada soket untuk power on-off ? disini kita melihat adanya tegangan tetapi kenapa tidak bisa berfungsi power on-off-nya. Ternyata setelah kita urut jalurnya terjadi putus untuk tembaga penyambung pada PCB, bentuknya adalah seperti titik.

Untuk penyambungan kita gunakan kabel email kecil, dan memasangkan langsung dari soket ke switch, tampaknya seperti ada pada gambar berikut:

kawat email jumper / Playstation 2kawat email jumper / Playstation 2

Setelah selesai kini kita coba kembali hidupkan Playstation ? Hasilnya Alhamdulillah Playstation sudah bisa hidup kembali dengan normal.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 3.1 / 5. Vote count: 7

No votes so far! Be the first to rate this post.

tips ,trik,servis,elektronik yang kita tuliskan adalah pengalaman kerja kita sehari-hari semoga bisa bermanfaat , apabila ada kesulitan atau kurang jelas silahkan tinggalkan komentar anda....

Related Posts

1 of 85