Artikel Terbaru

Wednesday, June 19, 2024
Power amplifierTips & Trik

PA TOA ZA-1121 Suara Dengung

Diagnosa

PA TOA ZA-1121 jika kita hidupkan ? lampu indikator tampak menyala ,setelah kita hubungkan ke speaker baru kita tahu yaitu suara yang dikeluarkan serak serta ada dengung.

Model PA TOA :

Amplifier-Toa-ZA1121

Apakah yang menyebabkannya ? segera kita selidiki.

Permasalahan dengung identik dengan sistem catu daya, jadi poin utamanya hanya kita lakukan pengukuran dibagian output catu daya. Tegangan supply yang dibutuhkan amplifier TOA untuk seri ini adalah 32 volt kurang lebih dan hasil pengukuran yang kita dapatkan hanya 18 volt.  Dengan turunnya tegangan supply maka tegangan regulator untuk sistem driver menjadi ikut drop, hanya terukur 8 volt yang seharusnya 15 volt. Komponen terkait untuk kasus ini adalah Capasitor 10.000uf/50 volt yang kalau dilihat dari fisiknya bagus ternyata kosong isinya.

capasitor-filter-PA-TOA-ZA1

Segera kita lakukan penggantian Capasitor 10.000uf/50 volt setelahnya kita ukur lagi dan hasilnya tegangan supply sudah berada di 32 volt. Kini kita hubungkan dengan speaker lalu berikan input mic hasil akhirnya ? Alhamdulillah PA TOA ZA1121 sudah kembali normal.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

tips ,trik,servis,elektronik yang kita tuliskan adalah pengalaman kerja kita sehari-hari semoga bisa bermanfaat , apabila ada kesulitan atau kurang jelas silahkan tinggalkan komentar anda....

Related Posts

1 of 85