Artikel Terbaru

Monday, April 15, 2024
Media oprekTelevision

Ganti Mainboard Televisi Samsung

Televisi Samsung mengalami kerusakan gambar yang dihasilkan terdapat distorsi. Untuk kasus ini tidaklah mungkin bisa kita perbaiki karena alat pengganti tidak dapat kita temukan,kerusakan ada pada chipset dengan no SS46941A. Solusi untuk memperbaiki ini hanya dengan mengganti mainboard televisi-nya, disini kita gunakan mainboard merk W-COM.

Untuk melakukkan penggantian mainboard pada televisi Samsung sangat merepotkan itu semua karena casing televisi-nya yang ngepress/ pas untuk bagian belakang-nya. Jadi untuk memasukkan mainboard televisi baru kita mesti melakukkan perubahan pada casing, dengan cara meratakan bagian plastik bagian rel mainboard.

Mainboard yang kita pergunakan bisa dilihat pada gambar berikut :

mainboard tv W-com

Sebelum kita pasangkan mainboard baru langkah awal kita lakukan penyolderan ulang pada beberapa titik di mainboard, ini kita lakukan untuk kualitas saja. Maksudnya biar rada kuat, karena timah bawaan sangat tipis rentan terlepas yang pada akhirnya menimbulkan masalah. Titik-titik berada di bagian Regulator dan pada bagian dioda penyearah, persisnya bisa dilihat pada gambar berikut :

Mainboard-televisi-wcom-penyearah-area-300x225Mainboard-wcom-regulator-area-300x225

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

1 2 3
tips ,trik,servis,elektronik yang kita tuliskan adalah pengalaman kerja kita sehari-hari semoga bisa bermanfaat , apabila ada kesulitan atau kurang jelas silahkan tinggalkan komentar anda....

Related Posts

1 of 49