Artikel Terbaru

Saturday, April 13, 2024
DVD playerTips & Trik

DVD Player Arte Mau Baca Trus No Disc

Diagnosa

DVD Player jika hidupkan dan kita masukan disc ? Sesaat bisa kita lihat proses reading berhasil dan gambar serta suara sudah keluar tetapi tidak lama kemudian gambar dan suara mendadak berhenti. Setelahnya kita hanya melihat tampilan No disc.

Model DVD Player-nya seperti tampak pada gambar berikut:

Model DVD Player Arte

Apakah yang menyebabkannya? Segera kita selidiki.

Cara untuk memperbaiki kasus kerusakan seperti ini hanya dengan melihat proses read disc, disini kita melihat motor Sp optik pada start awal terlihat tidak ada masalah dimana speed dalam kondisi baik. Tetapi tak lama kemudian speed mulai turun dan tak lama kemudian optik mulai kehilangan focus dan akhirnya menghentikan proses read.

Kenapa bisa terjadi seperti ini ? Kerusakan awal memang di sebabkan oleh motor Sp optik tapi karena penggunaan satu chip driver menjadikan terganggunya semua fungsi. Terganggu di karenakan naiknya temperatur IC itu secara tidak normal, IC yang di pergunakan adalah tampak pada gambar berikut:

IC Driver optik DVD Player

Untuk mengembalikan temperatur IC supaya normal hanya dengan mengganti motor Sp-nya, Setelah kita ganti motor Sp kita coba kembali hidupkan DVD Player dan kita masukan disc ? Hasilnya Alhamdulillah semuanya sudah kembali normal.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

tips ,trik,servis,elektronik yang kita tuliskan adalah pengalaman kerja kita sehari-hari semoga bisa bermanfaat , apabila ada kesulitan atau kurang jelas silahkan tinggalkan komentar anda....

Related Posts

1 of 85