Artikel Terbaru

Monday, April 15, 2024
Power amplifierTips & Trik

Amplifier Toa ZA 1025 Suara Kresek-Kresek

Diagnosa

Amplifier Toa kita hidupkan dan kita berikan masukan berupa Mic hasil suaranya tidak menentu, terkadang besar sendiri jika kita coba atur gain sepertinya tidak berfungsi dengan baik.

Tampilan Amplifier Toa:

Amplifier Toa ZA 1025

Apakah yang menyebabkannya? Segera kita selidiki.

Pemeriksaan hanya kita alamatkan pada komponen Potensio, ini berkaitan dengan fungsi besaran Gain untuk setiap input mic.Potensio adalah Resistor yang bisa dirubah nilainya tentunya dengan memutar kekanan maupun kekiri. Didalam Potensio menggunakan lapisan karbon pada sebagian kasus bisa dikarenakan tipisnya lapisan ini, tapi ada juga karena timbulnya karat pada elektroda penghubung .

Dalam kasus yang sedang kita coba perbaiki adalah karena adanya karat, sehingga Gain menjadi susah untuk di atur. Untuk ini kita tidak membersihkan dengan Cairan pembersih melainkan kita ganti saja dengan potensio yang baru. Potensio bawaan asli mempunyai tangkai yang lebih pendek sedangkan jika kita beli potensio yang baru malah lebih panjang.

Nilai Potensio adalah 10K? sebanyak 4 buah dan 20K? 1 buah semuanya kita ganti, dan semua tangkainya kita potong supaya sama dengan bawaan aslinya. Seperti ini model potensio setelah kita pasangkan pada PCB-nya:

Potensio 10K amplifier Toa

Setelah selesai semua proses pemasangan kini kita coba hidupkan amplifier Toa-nya selanjutnya kita berikan masukan Mic dan kita coba atur Gain? Hasilnya Alhamdulillah Amplifier Toa sudah kembali normal.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 3 / 5. Vote count: 2

No votes so far! Be the first to rate this post.

tips ,trik,servis,elektronik yang kita tuliskan adalah pengalaman kerja kita sehari-hari semoga bisa bermanfaat , apabila ada kesulitan atau kurang jelas silahkan tinggalkan komentar anda....

Related Posts

1 of 85