Artikel Terbaru

Wednesday, June 19, 2024
TelevisionTips & Trik

TV Toshiba 2075XNE Gambar Pendek

Diagnosa

Televisi jika kita hidupkan? Gambar yang di tampilkan pada layar monitor tidak penuh. Dimana untuk bagian bawah gambar terlihat melipat sedangkan unutk bagian atas agak membesar.

Apakah yang menyebabkannya? Segera kita selidiki.

Awal pemeriksaan kita mulai pada rangkaian Vertikal, karena sudah jelas ada masalah disini. Pada televisi merk ini memang tidak terlalu sulit untuk memperbaikinya, ini di sebabkan adanya tanda-tanda yang di tinggalkan pada komponen yang mengalami kerusakan. Capasitor adalah komponen yang kita maksud, pada televisi ini menggunakan kapasitas 2,2uF/50 volt. Dalam sekian banyak kasus memang terjadi karusakan pada komponen ini ( Capasitor ).

Efek yang di tinggalkan adalah berupa Cairan, dimana pada PCB bisa kita lihat dengan mudah. Perbaikan tentunya dengan mengganti Capasitor-nya. Untuk memperjelas, berikut letak Capasitor-nya pada Mainbord:

Capasitor dengan tanda lingkaran merahCapasitor dengan tanda lingkaran merah

Capasitor yang mengalami kerusakan ada 2 buah dengan nilai kapasitas yang sama, untuk posisi agak berjauhan. Dengan melihat gambar yang ada mungkin bisa mempermudah. Setelah selesai proses penggantian Capasitor kini kita coba kembali hidupkan televisi? Hasilnya Alhamdulillah televisi sudah kembali normal.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

tips ,trik,servis,elektronik yang kita tuliskan adalah pengalaman kerja kita sehari-hari semoga bisa bermanfaat , apabila ada kesulitan atau kurang jelas silahkan tinggalkan komentar anda....

Related Posts

1 of 85