Mei
17
2013

Tv Sanken 14AM Mati-total

Diagnosa

Tv Sanken jika kita coba hidupkan tidak terlihat tanda-tanda kehidupan, lampu indikator tampak tidak menyala.

Model tv Sanken :

model-tv-sanken-14am

Apakah yang menyebabkannya ? segera kita selidiki.

Langkah awal proses pemeriksaan kita lakukan di area power supply, komponen utama fuses/sikring  dan disini kita lihat kondisinya sudah tampak hitam seperti hangus. Dari sini sudah bisa dipastikan adanya komponen yang shot/ konsleting dan komponen terkait adalah Transistor power supply. Kita lepaskan transistor dari mainboard dan setelahnya kita lakukan pengukuran dioda untuk penyearah tegangan 300 volt dan disini kita dapatkan hasil dioda masih dalam kondisi baik. Untuk mengetahui lebih jauh apakah masih ada komponen lain yang mengalami kerusakan maka segera kita masukan aliran listrik, sebelumnya kita pasangkan fuses baru.

Setelah kita hidupkan kita lakukan pengukuran tegangan untuk basis transistor power supply, hasil terukur tegangan 1.2 volt dan dengan hasil ini sudah dipastikan komponen diarea primer dalam kondisi baik semuanya. Di area primer itu ada beberapa resistor serta dioda dan juga capasitor ukuran nano farad. Kita pasangkan Transistor power baru dan langsung kita coba hidupkan ? hasilnya tegangan output terukur tidak normal, saat awal terukur tegangan B+ 135 volt dan semakin lama makin menyusut yaitu 95 volt.

Laman: 1 2

Artikel Terkait

Admin hamimservis.com : hamim

tips ,trik,servis,elektronik yang kita tuliskan adalah pengalaman kerja kita sehari-hari semoga bisa bermanfaat , apabila ada kesulitan atau kurang jelas silahkan tinggalkan komentar anda....

Komentar Anda

INFO KOMPONEN

AllDatasheet
.net

Kategori

Content Protection by DMCA.com