Jan
16
2019

TV LED LG 22LN4100 Tampilan Gambar Bermasalah

Diagnosa

TV LED LG 22LN4100 awal saat saya coba hidupkan, tak lama suara  sudah terdengar tapi tampilan gambar tidak tampak dan terkadang gambar muncul lalu hilang lagi seperti ini :

Apakah penyebabnya ?

Langsung saja saya buka casing penutup belakangnya, disini tidak menggunakan baut di sekelilingnya jadi saya gunakan klip plastik. Setelah terbuka terlihatlah rangkaian didalamnya, seperti ini :

Saya ukur  tegangan supply utama sampai dengan output dan semuanya terukur normal, poin utama saya alokasikan di area supply ke panel. Dalam kondisi tv on dengan keadaan suara ada dan gambar tidak ada, saya ukur VCC untuk supply ke panel tidak ada ( 0 volt ). Lokasi VCC untuk panel :

Ada Transistor Fet type P untuk switch on-off supply ke panel , model SMD… untuk saat ini saya tidak lakukan penggantian,,, hanya saya lepaskan saja ( lalu bypass ). Kenapa saya lakukan ini ? sistem control untuk on-off VCC ke panel ada 2 , makanya dengan kondisi ini saya bypass saja biar 1 ( VCC untuk panel ini 3,3 volt ). Seperti ini setelah saya lepaskan dan saya bypass :

Hasil akhirnya,, Alhamdulillah tv sudah kembali normal

 

Admin hamimservis.com : hamim

tips ,trik,servis,elektronik yang kita tuliskan adalah pengalaman kerja kita sehari-hari semoga bisa bermanfaat , apabila ada kesulitan atau kurang jelas silahkan tinggalkan komentar anda....

Komentar Anda

INFO KOMPONEN

AllDatasheet
.net

Kategori

Content Protection by DMCA.com