Apr
2
2019

TV AKIRA IC21U34 Suara Ada Gambar Tidak Ada

Diagnosa

TV AKIRA IC21U34 kalau coba dihidupkan, saat diberi antena terdengar suaranya tapi tampilan layar gelap.

Model TV :

Apa penyebabnya ?

Langsung saja saya buka penutup tvnya biar cepat dilakukan pengecekan, board tv akira ini memakai tda11105ps/v3/3 sebagai chip utama . Saat tv on saya ukur vcc 5 volt dan 9 volt terukur normal tapi H-out untuk supply trafo osc horizontal tidak tersedia ( transistor rusak ) ini penyebabnya dengan type 2sc2383. Saya lepaskan transistor ini dan saya gantikan , setelah selesai saya tes hidupkan lagi tvnya. Hasilnya masih sama tidak ada gambar dengan suara normal, tapi ada bunyi berisik dari playback dengan type BSC 25-n0870.

Kondisi adanya suara dari playback menandakan adanya kerusakan, saya lepaskan playback ini dan saya gantikan dengan type  BSC 25-t1010a. Pinout playback ini sama persis tapi belum tau hasilnya apakah sama atau tidak, nunggu tv hidup dahulu. Selesai saya pasangkan playback baru langsung saya tes lagi hidupkan tvnya, nah sekarang tv sudah bisa hidup ( tampilan gambar tidak penuh di kanan-kiri serta atas-bawah ). Paling tidak sudah ada hasil jadi tinggal modifikasi sedikit, saya lakukan perubahan nilai capasitor area colector .

Nilai awal 10nF + 2,2nF 1.6Kv saya gantikan dengan nilai 18nF/2Kv lalu soket yoke saya pindahkan ke playback pin 1 ( playback bsc 25-t1010a ada 4 pilihan koneksi untuk yoke horizontal ). Alhamdulillah perubahan nilai capasitor ini hasilnya ok ( tampilan gambar sudah normal ). Agak lama saya tes sampai akhirnya muncul masalah baru yaitu suara tiba-tiba hilang dengan suara gemerosok entah dari mana asalnya. Baru mau istirahat ada lagi , ya sudah istirahat dahulu biar refresh ( mudah-mudahan jadi mudah carinya ) .

Selesai istirahat coba googling cari manual servis tda11105ps/v3/3 biar lebih cepat tentukan penyebab hilangnya suara kalau tv sudah agak lama dihidupkan. Pinout ic no 4 PLL IF saya ukur nilai capasitor 100nF berubah jadi 104nF, langsung saya lepaskan dan gantikan.

Hasil akhir semuanya sudah kembali normal

Artikel Terkait

Admin hamimservis.com : hamim

tips ,trik,servis,elektronik yang kita tuliskan adalah pengalaman kerja kita sehari-hari semoga bisa bermanfaat , apabila ada kesulitan atau kurang jelas silahkan tinggalkan komentar anda....

Komentar Anda

INFO KOMPONEN

AllDatasheet
.net

Kategori

Content Protection by DMCA.com