Artikel Terbaru

Wednesday, June 19, 2024
TelevisionTips & Trik

Televisi Toshiba Lama Mati-Total

Diagnosa

Televisi Toshiba tidak ada tanda-tanda kehidupan ketika kita coba hidupkan. Televisi Toshiba ini adalah Model lama, berikut tampak televisi bagian belakang:

Tampak belakang Televisi Toshiba lama

Dimanakah letak permasalahannya? Segera kita selidiki.

Rangkaian power supply yang paling awal mesti kita periksa, pada televisi ini rangkaian power supply terpisah dari mainboard-nya.Komponen yang paling awal kita periksa adalah Fuses/ sikring, dan disini kita melihat Fuses dalam keadaan hangus.
Berarti telah terjadi konslet pada komponen yang ada pada power supply.

Komponen berikutnya yang kita periksa adalah Dioda, pada power supply ini menggunakan 4 buah dan hasil pengukuran atas Dioda kita dapatkan 1 buah Dioda mengalami Shot.Untuk komponen lain seperti Transistor Switching dalam keadaan baik. Penggantian Dioda kita gunakan model Bridge, jadi 3 buah Dioda yamg masih terpasang pada rangkaian power supply kita lepaskan.

Dan kita berikan kabel untuk di pasangkan pada Dioda Bridge, semuanya mengikuti simbol yang ada .Tampilan setelah pemasangan Dioda Bridge pada gambar berikut:

Dioda pada power supply dengan tanda lingkaran merah

Sekarang kita coba hidupkan televisi-nya? Alhamdulillah televisi Toshiba sudah kembali normal.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

tips ,trik,servis,elektronik yang kita tuliskan adalah pengalaman kerja kita sehari-hari semoga bisa bermanfaat , apabila ada kesulitan atau kurang jelas silahkan tinggalkan komentar anda....

Related Posts

1 of 85