Artikel Terbaru

Monday, April 15, 2024
TelevisionTips & Trik

Televisi Sanyo CTP6556U Gambar Pendek

Diagnosa

Televisi Sanyo jika kita hidupkan tampilan gambar pada layar monitor sangat pendek, bagian bawah rada besar sedangkan bagian atas terlihat berlipat.

Model televisi Sanyo :

Televisi-Sanyo-CTP6556U-300x225

Apakah yang menyebabkannya ? Segera kita selidiki .

Televisi Sanyo model ini tentunya sudah jarang yang punya, sudah menjadi barang antik barang kali. Betapa kuatnya televisi ini hingga saat ini masih bisa berfungsi, cuma terjadi permasalahan pada bagian vertikal. Ada gangguan di sistem vertikal-nya sehingga tampilan pada layar monitor menjadi kecil/ pendek. Televisi ini masih menggunakan transistor sebagai komponen untuk output vertikal.

Untuk melakukkan pemeriksaan kita mesti mengetahui dimana lokasi rangkaian vertikal-nya, berikut ini lokasi yang kita maksud :

mainboard-televisi-Sanyo-CTP6556U-tampak-belakang-300x225posisi-vertikal-area-capasitor-300x225

Dalam gambar bisa kita lihat lokasi sistem vertikal, disini menggunakan 2 buah transistor. Pemeriksaan hanya kita utamakan pada Capasitor, kita gunakan multitester dengan batas ukur 10K untuk capasito 10uf/50 volt. Jika capasitor masih dalam kondisi baik , jarum multitester akan bergerak naik sesaat dan selanjutnya turun kembali. Hasil pemeriksaan kita dapatkan positif capasitor 10uf/50 volt dalam kondisi kosong.

Untuk memperbaiki ini kita hanya mengganti capasitor 10uf/50volt, setelah selesai kita pasangkan capasitor kini kita coba kembali hidupkan televisi sanyo-nya ? Hasilnya alhamdulillah gambar pada layar monitor sudah kembali full

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

tips ,trik,servis,elektronik yang kita tuliskan adalah pengalaman kerja kita sehari-hari semoga bisa bermanfaat , apabila ada kesulitan atau kurang jelas silahkan tinggalkan komentar anda....

Related Posts

1 of 85