Des
22
2012

Televisi Sanken ST14EMT Tampilan Garis Vertikal

Diagnosa

Televisi Sanken ST14EMT jika kita hidupkan terlihat tampilan gambar hanya garis vertikal , kita hanya bisa dengarkan suaranya saja.

Model televisi Sanken :

model televisi sanken

Apakah yang menyebabkannya ? Segera kita selidiki .

Untuk mengetahui penyebab kerusakan langsung deh kita buka televisinya, kebetulan nih televisi masih perawan/ maksudnya belum pernah diservis . Setelah terbuka,, sudah terlihat tuh penyebab kerusakan , Capasitor/ Elco bagian vertikal yang terlihat menggelembung bagian atasnya. Posisi Capasitornya:

Mainboard tv sanken

Kapasitasnya adalah 1000uf/25 volt dan kita pasangkan pengganti 1000uf/50 volt,  sebelum kita coba hidupkan televisinya sedikit kita lakukan solder ulang di beberapa titik diantaranya :

  1. Bagian regulator, kerap kali terjadi retak timah soldernya
  2. Kaki Resistor untuk sistem regulator
  3. Bagian IC Vertikal
  4. Bagian IC Control + Chroma
  5. Bagian Heater output/ kaki Resistor-nya
  6. Kaki Transistor penguat Video RGB

Solder ulang sangat diperlukan mengingat timah yang ada di PCB sering mengalami retak karena terkena panas dari komponen yang sedang bekerja, bisa dari IC/ Transistor / Resistor . Setelah selesai barulah kita coba hidupkan televisi Sanken-nya dan hasilnya Alhamdulillah semuanya sudah kembali normal.

Artikel Terkait

Admin hamimservis.com : hamim

tips ,trik,servis,elektronik yang kita tuliskan adalah pengalaman kerja kita sehari-hari semoga bisa bermanfaat , apabila ada kesulitan atau kurang jelas silahkan tinggalkan komentar anda....

Komentar Anda

INFO KOMPONEN

AllDatasheet
.net

Kategori

Content Protection by DMCA.com