Artikel Terbaru

Friday, April 12, 2024
TelevisionTips & Trik

Televisi Panasonic TC29FG50JU Penerimaan Trouble

Diagnosa

Ketika kita hidupkan televisi gambar yang dihasilkan banyak semut dan terkadang gambar menghilang, jika sudah agak lama televisi hidup terkadang gambar mulai muncul disertai distorsi/ garis-garis .

Model televisi Panasonic :

Televisi Panasonic TC29FG50JU

Apakah yang menyebabkannya ? Segera kita selidiki .

Dari permasalahan yang muncul sudah bisa kita pastikan berada pada sistem penerimaannya, untuk mengetahui secara detail letaknya bisa kita adakan pengukuran. Pengukuran kita alamatkan pada Tuner pada kaki AGC, ini poin pertama yang mesti kita lakukan mengingat gambar yang dihasilkan banyak semut-nya.

Model Tuner serta kaki AGC pada gambar berikut :

Tuner televisi Panasonic

Pengukuran kita lakukan dalam keadaan televisi hidup, disini kita melihat tegangan 4,6 volt untuk gain AGC Tuner. Dari hasil ini sudah dapat kita pastikan adanya masalah di Tuner karena tegangan untuk AGC memang tersedia. Tuner ini memakai sistem penalaan digital, karena kita tidak menemukan yang sejenis maka kita coba mengganti dengan type lain.

Tuner yang kita pakai untuk varian televisi Sharp, ada sesuatu yang mesti kita rubah supaya tuner pengganti bisa bekerja yaitu dengan memberi ground pada kaki no 3 tuner sharp. Pada mainboard televisi panasonic kaki no 3 dalam keadaan tidak terhubung ke rangkaian, jadi kita gunakan kabel untuk menjumpernya.

Setelah proses penggantian Tuner selesai kini kita coba hidupkan televisi ? Hasilnya Alhamdulillah sistem penerimaan televisi sudah kembali normal.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

tips ,trik,servis,elektronik yang kita tuliskan adalah pengalaman kerja kita sehari-hari semoga bisa bermanfaat , apabila ada kesulitan atau kurang jelas silahkan tinggalkan komentar anda....

Related Posts

1 of 85