Artikel Terbaru

Tuesday, May 28, 2024
TelevisionTips & Trik

Televisi LG CF15F80N Gambar Suka Hilang Sendiri

Diagnosa

Televisi LG jika kita hidupkan ? Semua terlihat baik-baik saja. Namun setelah beberapa jam terkadang gambar pada layar monitor tiba-tiba menghilang, yang tersisa cuma suaranya saja.

Apakah yang menyebabkannya? Segera kita selidiki.

Kerusakan yang seperti ini kelihatannya mudah, tapi dalam kenyataannya di perlukan kejelian dalam penanganannya. kita mesti memeriksa beberapa jalur pada mainboard,yang paling awal pada titik fungsi Heater. Tegangan untuk Heater CRT berkisar 4 sampai 5 volt AC. Sebelum di supply ke CRT biasanya di beri Resistor sebagai Starting-nya, disini kita lihat Timah solder pada kaki Resistor masih dalam keadaan baik.

Seharusnya fungsi Heater CRT normal karena kita cek tegangan supply ada, tetapi kenapa tetap tidak berfungsi ? Ini yang mesti kita periksa lagi. Kini kita cek Video Card RGB yang ada pada bagian belakang CRT, disini kita ukur tegangan untuk Heater sudah masuk yaitu 5 volt A. Selanjutnya kita periksa pada bagian Groundnya untuk Video Card RGB hasilnya juga 5 volt AC,jadi ini penyebabnya utama kerusakan televisi ini. Tampilannya:

soket heater

Setelah soket kita solder ulang, kini kita coba kembali menghidupkan televisi-nya? Hasilnya Alhamdulillah televisi sudah kembali normal.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

tips ,trik,servis,elektronik yang kita tuliskan adalah pengalaman kerja kita sehari-hari semoga bisa bermanfaat , apabila ada kesulitan atau kurang jelas silahkan tinggalkan komentar anda....

Related Posts

1 of 85