Artikel Terbaru

Friday, April 12, 2024
TelevisionTips & Trik

Televisi Konka Matot/ Mati-Total

Diagnosa

Televisi Konka mengalami kerusakan setelah kemasukan air, awal kejadian televisi dalam keadaan standby .

Model televisi seperti ini:

Model Televisi Konka 25 inc

Dimana letak trouble-nya , Segera kita selidiki-

Pemeriksaan kita mulai pada rangkaian power supply, komponen pertama yang kita lihat adalah fuses. Disini fuses dalam keadaan hangus, mungkin telah terjadi konslet pada rangkaian power supply-nya. Pemeriksaan selanjutnya kita arahkan pada komponen Transistor Switching, Model transistor yang di pergunakan bisa kita lihat pada gambar berikut:

Transistor 2SK2828

Hasil pemeriksaan adalah positif , Transistor memang sudah shot ” Sebelum kita adakan penggantian sebaiknya kita periksa juga komponen Driver untuk transistor switching, supaya mempersingkat waktu perbaikannya. Komponen yang kita maksud adalah IC TDA4605-3 disini bisa kita coba ukur tegangan driver untuk gate transistor 2SK2828. Tegangan keluaran untuk gate transistor sangatlah kecil, disini kita menggunakan multitester dengan batas ukur DC 3 volt hasilnya adalah 0,4 volt . Hasil ini adalah dengan tampa menggunakan transistor-nya, dan disini kita juga mengganti capasitor dengan nilai 47uf/35 volt, 1uf/50 volt dan 0,47uf/50 volt.

Jadi sudah jelas hanya transistor yang mengalami kerusakan, sekarang kita tinggal menggantinya saja. Transistor pengganti kita pakai type FS10KM, karena model asli-nya tidak kita temukan. Setelah proses pemasangan selesai kini saatnya untuk mencoba menghidupkan televisi, Alhamdulillah televisi sudah bisa hidup kembali.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

tips ,trik,servis,elektronik yang kita tuliskan adalah pengalaman kerja kita sehari-hari semoga bisa bermanfaat , apabila ada kesulitan atau kurang jelas silahkan tinggalkan komentar anda....

Related Posts

1 of 85