Apr
26
2012

Televisi Bomba Cina Mati-Total

Diagnosa Televisi jika kita coba hidupkan, tidak ada tanda-tanda kehidupan.

Apakah yang menyebabkannya? Segera kita selidiki.

Untuk memperbaiki ini kita mulai dengan mengukur komponen Dioda pada sekunder area power supply, dimana disini sering terjadi shot.Dari beberapa Dioda yang terpasang kita dapatkan adanya Dioda yang mengalami kerusakan yaitu pada output tegangan 180 Volt. Dioda pengganti kita gunakan type U1 22, dan langsung kita pasangkan pada mainboard-nya.

Tegangan supply 180 volt digunakan untuk Video Card RGB, setelah kita ganti Dioda kita coba hidupkan lagi televisi? Hasilnya televisi tetap tidak mau hidup. Berarti masih ada lagi komponen yang mengalami kerusakan,maka kita coba mengukur tegangan supply untuk driver Transistor switching. Dari hasil pengukuran kita dapatkan tegangan cuma bernilai 1,65 volt yang di dapatkan supply dari Resistor yang terpasang seri dengan tegangan 300 volt.

Tegangan ini terhubung langsung dengan transistor A1015 pada kaki emitor-nya. Transistor coba kita ukur dan hasilnya kaki colector terhubung dengan basis alias shot, jadi inilah yang membuat tegangan untuk driver transistor switching menjadi drop.Segera kita ganti transistor A1015-nya dan kita coba kembali hidupkan televisi? Hasilnya Alhamdulillah televisi sudah bisa hidup kembali. Posisi Dioda dan Transistor pada mainboard bisa kita lihat pada gambar berikut:

posisi dioda pada mainboard televisiposisi transistor pada mainboard televisi

Tanda lingkaran merah pada gambar adalah komponen yang kita maksud.

Artikel Terkait

Admin hamimservis.com : hamim

tips ,trik,servis,elektronik yang kita tuliskan adalah pengalaman kerja kita sehari-hari semoga bisa bermanfaat , apabila ada kesulitan atau kurang jelas silahkan tinggalkan komentar anda....

Komentar Anda

INFO KOMPONEN

AllDatasheet
.net

Kategori

Content Protection by DMCA.com