Jul
15
2012

Tape Kenwood Mekanik Trouble

Diagnosa

Tape Kenwood jika kita masukan kaset, dan coba untuk di play ? Mekanik cuma ada bunyi tek-tek.

Mekanik tape kenwood:

Mekanik tape Kenwood

Apakah yang menyebabkannya? Segera kita selidiki.

Kerusakan ini di sebabkan oleh karet yang berada di mekanik, semua karet dalam keadaan putus.Perbaikan untuk ini adalah dengan mengganti karet yang ada pada mekanik. Agak rumit untuk melepaskan karet yang ada pada mekanik, posisi mainboard tape yang berada di tengah-tengah inilah yang membuat ribet,
sedangkan kita mesti mengeluarkan Mekanik tape-nya terlebih dahulu sebelum mengganti karet yang putus.

Untuk memudahkan pelepasan mekanik bisa dilakukan dengan melepaskan Sasis pada bagian bawah Tape. Dimana hanya Trafo saja yang ada pada bagian tersebut. Setelah dilepaskan baut , Sasis bisa digeser kesamping. Sekarang mekanik sudah bisa dilepaskan tanpa melepaskan Mainboard tape . Bisa dilihat pada image berikut:

Sasis tape Kenwood

Setelah mekanik kita lepaskan dari casing, kini kita ganti karet yang ada pada mekanik. Sebelum kita memasang karet yang baru sebaiknya dilakukan pembersihan pada switch yang ada pada mekanik , hal ini mesti dilakukan karena platina pada switch biasanya ada karat. Switch tampak pada image berikut:

Switch pada mekanik tape

Setelah dibersihkan switchnya, langkah berikutnya membersihkan Poto Coupler. Komponen ini berfungsi sebagai otomatis off, bila kaset yang diputar telah habis maka mekanik langsung stop. Poto Coupler bisa dilihat pada image berikut:

otocoupler

Sekarang barulah bisa kita pasangkan karet yang baru, dan pasangkan kembali pada casingnya . Selanjutnya tinggal kita tes, masukan kaset dan tekan tombol play? Alhamdulillah mekanik sudah berfungsi kembali.

Artikel Terkait

Admin hamimservis.com : hamim

tips ,trik,servis,elektronik yang kita tuliskan adalah pengalaman kerja kita sehari-hari semoga bisa bermanfaat , apabila ada kesulitan atau kurang jelas silahkan tinggalkan komentar anda....

Komentar Anda

INFO KOMPONEN

AllDatasheet
.net

Kategori

Content Protection by DMCA.com