Feb
17
2013

Projection Tv Sony KP-FX432M91 Suka mati sendiri

Diagnosa

Projection Tv Sony KP-FX432M91 jika kita coba hidupkan awalnya terlihat normal semuanya berfungsi dengan baik tetapi setelah 15 menit tahu-tahu Tv mati dengan sendirinya hanya terlihat lampu indikator berkedap-kedip. Kita coba matikan dan kita coba hidupkan kembali ? hasilnya tetap saja Tv tidak mau hidup.

Model Projection Tv Sony :

model projection tv sony

Apakah yang menyebabkannya ? Segera kita selidiki .

Projection tv sony ini mempunyai 2 varian PSU yaitu untuk sistem control serta untuk sistem penerimaan , karena kita lihat lampu indikatornya menyala kedap-kedip maka sudah bisa kita pastikan tidak ada masalah dibagian PSU untuk sistem control. Untuk mengetahui lebih lanjut sekiranya ada dibagian mana penyebab kerusakan maka kita lakukan pengukuran dibagian PSU untuk sistem penerimaan, ada beberapa tegangan dari bagian ini dan hasil yang kita dapatkan semuanya terukur dengan normal.

Setelah beberapa kali kita lakukan pemeriksaan akhirnya barulah kita temukan penyebab utamanya yaitu ada kerusakan di IC MCZ3001D , di mainboard projection tv sony ini menggunakan 2 buah dan yang mengalami kerusakan ada dibagian control osilasi horizontal, posisi Ic di mainboard :

ic mcz3001d di mainboard

Segera kita lepaskan Ic MCZ3001D dari mainboard dan kita pasangak Ic baru dan setelah proses pemasangan selesai kini kita coba hidupkan Projection tv Sony-nya dan hasilnya Alhamdulillah semuanya sudah kembali normal.

Tips .

Jika tegangan listrik sudah terlanjur masuk sebelum penggantian Ic lebih baik kosongkan dahulu capasitor filter tegangan 300 volt dc bisa dengan menggunakan beban elemen solder atau dengan lampu pijar bila ada.

Artikel Terkait

Admin hamimservis.com : hamim

tips ,trik,servis,elektronik yang kita tuliskan adalah pengalaman kerja kita sehari-hari semoga bisa bermanfaat , apabila ada kesulitan atau kurang jelas silahkan tinggalkan komentar anda....

Komentar Anda

INFO KOMPONEN

AllDatasheet
.net

Kategori

Content Protection by DMCA.com