Artikel Terbaru

Saturday, April 13, 2024
TelevisionTips & Trik

Penggantian Ic Vertikal Tv

Beberapa waktu lalu saya ada servisan tv dengan gejala kerusakan gambar dibagian atasnya terlipat, terkadang kalau sudah lama suka normal sendiri . Tapi setelah beberapa hari kondisinya balik seperti semula, tidak ada perubahan walaupun dinyalakan agak lama. Merk tvnya Samsung dengan ukuran layar 29 inc , untuk mempercepat pemeriksaan langsung saya ke tkp. Setelah saya lepaskan casing dan terlihatlah rangkaian televisi, fokus pengamatan saya di area vertikal saja.

IC yang digunakan type LA 78045 dan kebetulan saya tidak ada stock , yang ada type LA 78141 dan IC ini yang saya gunakan sebagai penggantinya.

Setelah saya pasangkan ic ini selanjutnya saya hidupkan tv ? hasilnya sama saja. tidak ada perubahan. Penggantian ic di awal karena perkiraan saja, belum saya adakan pemeriksaan secara detail dengan multitester. Dalam kondisi tv hidup saya lakukan pengukuran besarnya tegangan supply ic vertikal , disini terukur 28 volt untuk VCC.

Dan untuk Pump B+ tidak tersedia, seharusnya ada sekitar 27.4 volt dan penyebabnya adalah kerusakan komponen dioda. Diagram ICnya :

Lokasi dioda di PCB :

Saya matikan tvnya dan saya lakukan penggantian dioda ini dengan type IN4001 dan hasil akhir setelah penggantian dioda, Alhamdulillah tv sudah kembali normal

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 3 / 5. Vote count: 4

No votes so far! Be the first to rate this post.

tips ,trik,servis,elektronik yang kita tuliskan adalah pengalaman kerja kita sehari-hari semoga bisa bermanfaat , apabila ada kesulitan atau kurang jelas silahkan tinggalkan komentar anda....

Related Posts

1 of 85