Sep
28
2018

PC DELL Gagal Start

Diagnosa

PC DELL kondisi dengan listrik terpasang, tampak lampu indikator menyala tapi saat saya coba power on ? tidak ada tampilan di layar monitor .

Apakah yang menyebabkannya ? 

Analisa awal saya alokasikan pemeriksaan di area PSU, bisa saja PSU tidak stabil yang menyebabkan masalah ini. Dari hasil pemeriksaan output PSU terukur normal. Capasitor filter dari masing-masing VCC untuk supply ke mainboard kondisinya juga masih bagus. Lanjut saya lakukan pengukuran di area mainboard, terkadang PC DELL ini bisa hidup normal pada awalnya tapi gagal start setelah di restart.

Coba saya urut dari awal , sesaat pc sudah saya on-kan lalu saya ukur di beberapa ic regulator. disini ada yang tidak masuk vcc-nya dan inilah area yang harus saya selidiki, areanya disini :

VCC input 12 volt dan masuk ke transistor FET, dari FET ini supply vcc baru masuk ke area yang tadi tidak masuk vcc-nya. Secara keseluruhan vcc yang hilang ini terhubung ke system control CPU. Type transistornya 60N3L yang digunakan dan 1 transistor kondisinya setengah rusak ( kadang bisa kadang tidak ). Transistor pengganti saya gunakan IRFZ44N dan dalam pemasangan saya pakai jumper kabel karena model transistornya beda. Seperti ini setelah saya pasangkan :

Setelah penggantian ini PC DELL sudah kembali normal , bisa start ( alhamdulillah ).

Admin hamimservis.com : hamim

tips ,trik,servis,elektronik yang kita tuliskan adalah pengalaman kerja kita sehari-hari semoga bisa bermanfaat , apabila ada kesulitan atau kurang jelas silahkan tinggalkan komentar anda....

Komentar Anda

INFO KOMPONEN

AllDatasheet
.net

Kategori

Content Protection by DMCA.com