Artikel Terbaru

Monday, April 15, 2024
Flash fotoTips & Trik

Nikon SpeedLight SB-800 Output Trouble

Diagnosa

Nikon SpeedLight SB-800 jika kita hidupkan output cahaya tidak bisa diatur, posisi selalu berada di 1/1 walaupun kita rubah di posisi 1/128 tetap saja output cahaya berada dilevel 1/1

Modelnya :

Apakah yang menyebabkannya ? Segera kita selidiki .

Pemeriksaan yang mesti kita lakukan ada pada Transistor IGBT, komponen ini yang mengatur kuat cahaya dari lampu Xenon flash tube. Untuk mengetahui lebih jelas ?  kita coba buka casing bagian control seperti ini tampilannya :

Sebelum kita lakukan pengukuran di Transistor IGBT kita buang dahulu isi dari Capasitor dengan menggunakan lampu pijar 100 Watt, posisi ada di kabel merah dan biru. Tanpa dilepas kabelnya , cukup hubungkan lampu pijar 100 Watt dijalur kabel merah dan biru. Setelah isi dari Capasitor sudah terbuang habis barulah kita lakukan pengukuran, dan hasilnya positif Transistor IGBT sudah dalam kondisi Shot/ Konsleting. Tampilan Transistor IGBT-nya :

Karena sudah jelas penyebab kerusakannya segera kita lakukan penggantian , setelah selesai kita coba hidupkan Nikon SpeedLight dan kita tekan tombol flash ? Alhamdulillah output cahaya sudah kembali normal/ maksudnya sudah bisa diatur lagi.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

tips ,trik,servis,elektronik yang kita tuliskan adalah pengalaman kerja kita sehari-hari semoga bisa bermanfaat , apabila ada kesulitan atau kurang jelas silahkan tinggalkan komentar anda....

Related Posts

1 of 85