Jul
14
2012

Monitor LCD Bluesky No Start Up

Diagnosa

Monitor LCD Bluesky jika kita hidupkan terdengar suara storing dari speaker, pada layar lcd sesaat kita lihat sekilas tampilan OSD dan tak lama kemudian Monitor LCD-nya kembali standby.

Apakah yang menyebabkannya ? Segera kita selidiki.

Untuk memperbaiki kerusakan yang seperti ini rangkaian power supply yang paling awal mesti kita periksa, karena dari kejadian yang dialami monitor-nya seperti ada gangguan pada catu daya-nya. Hal baik setelah kita buka monitor LCD-nya kita sudah diberi tanda dengan jelas dimana letak kerusakannya, komponen yang terkait dalam hal ini adalah Capasitor.

Capasitor sebagai filter untuk tegangan 5 volt mengalami penyusutan kapasitas sehingga terjadi ketidakstabilan pada output power supply untuk rangkaian logic board. Tampilan rangkaian power supply bisa kita lihat pada gambar berikut :

Power-supply-monitor-LCD-Bluesky-300x225

Pada gambar sudah kita beri tanda anak panah disitulah letak capasitor-nya, capasitor yang rusak sudah kita lepaskan dari rangkaian power supply.Capasitor yang dipergunakan adalah 1000uf/16 volt sebanyak 4 buah, segera kita pasangkan Capasitor baru. Setelah selesai pemasangan Capasitor kini kita coba kembali hidupkan monitor LCD-nya ? hasilnya alhamdulillah monitor LCD sudah kembali normal, kini suara storing sudah tidak terdengar lagi,tampilan OSD sudah bisa kita lihat hadir pada layar LCD-nya.

Artikel Terkait

Admin hamimservis.com : hamim

tips ,trik,servis,elektronik yang kita tuliskan adalah pengalaman kerja kita sehari-hari semoga bisa bermanfaat , apabila ada kesulitan atau kurang jelas silahkan tinggalkan komentar anda....

Komentar Anda

INFO KOMPONEN

AllDatasheet
.net

Kategori

Content Protection by DMCA.com