Artikel Terbaru

Friday, July 12, 2024
TelevisionTips & Trik

Modifikasi IF Modul Toshiba Dramatic-V

Modifikasi IF Modul Toshiba Dramatic-V , ini yang akan saya lakukan mengingat suku cadang yang makin susah untuk didapatkan. Maklum saja tv ini keluaran lama tapi masih ada yang mau minta benerin karena sayang katanya, keluhan sudah beragam diantaranya :

  •  Awal dihidupkan bunyi ngerik

Ini terjadi disebabkan system control via micom tidak kerja ( fixed dengan resolder micom ), pinout micom terhubung ke optocoupler.

  • Setelah tv bisa hidup ada masalah berikutnya yaitu garis horizontal saja

Kerusakan ada di ic vertikal type TA 8304 dengan tanda fuses ( sikring ) putus untuk vcc supply 26 volt, penggantian saya lakukan keduanya yaitu ic TA 8304 dengan fuses ( gantikan dengan resistor 0.2 ohm ) dan satu lagi capasitor 100uf/50volt

  • Tv sudah timbul raster  tapi tinggi gambar hanya setengahnya saja

Penggantian capasitor untuk control vertikal saya gantikan dengan ukuran 2,2uf/50volt , karena tidak ada nilai tersebut di tempat saya maka saya gunakan 2 capasitor nilai 1uf.50volt dengan porsi pemasangan pararel.

Kini tv ini sudah hidup dengan tampilan yang normal kalau dilihat dari raster tapi ada masalah berikutnya yaitu saat saya coba scan penerimaan tv ? Tidak ada satupun yang tersimpan alias hanya lewat saja. Satu poin yang  membuat perbaikan ini jadi merepotkan adalah rangkaian supply tv masih mengadopsi strum, sangat bahaya kalau ke sentuh.

Modul IF untuk fungsi AFT tidak berfungsi karenanya saat proses scan otomatis, saat sudah dapat siaran tidak bisa di kunci untuk lanjutnya disimpan. Coil TRF 1077 adalah coil aslinya tapi disini sudah digantikan dengan type 489U, ini saya dapatkan setelah melihat block diagramnya :

Lokasi Modul IF tv ini susah untuk proses trim ( memutar ferit coil ) ditambah dengan board ada setrumnya, untuk memudahkan harus dilepaskan dari board dan menggunakan kabel jumper. Seperti ini :

Proses trim coil AFT saya pastikan gagal karena tidak ada hasilnya tetap saja tidak bisa tersimpan, maka saya coba gantikan coilnya dengan type 6019 ( asli bawan board tv china ).  saya pararel capasitor untuk coil AFT dengan nilai 68pF.

Hasilnya alhamdulillah tanpa trim langsung normal ( scan otomatis dan langsung tersimpan ).

Selesai sudah perbaikan tv ini .

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 4 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

tips ,trik,servis,elektronik yang kita tuliskan adalah pengalaman kerja kita sehari-hari semoga bisa bermanfaat , apabila ada kesulitan atau kurang jelas silahkan tinggalkan komentar anda....

Related Posts

1 of 85