Artikel Terbaru

Saturday, April 13, 2024
Mixer

Mixer Amplifier Dan Permasalahannya

Mixer amplifier merupakan perpaduan antara amplifier dengan sistem pencampuran input , biasa ada beberapa kanal input mic dan Aux atau yang lebih dikenal dengan sebutan Mixer. Dengan adanya Mixer tentunya kita bisa menggabungan beberapa sinyal masukan dan menjadikannya menjadi satu, berikut ini kita ada kasus dimana terjadi kerusakan dengan output suara hanya sebelah/ tidak stereo. Tampilannya bisa dilihat pada gambar berikut :

Mixer-amplifier-300x225

Model amplifier secara umum adalah sama saja dimana biasa menggunakan Transistor sebagai penguat akhirnya, jika kita pikirkan gejala yang terjadi maka bisa kita simpulkan kira-kira dimana letak permasalahannya. Untuk memulai pemeriksaan jika terjadi kasus kerusakan seperti ini komponen pertama yang mesti kita periksa adalah Potensio, tampilannya seperti ini :

potensio-5ok-300x225

Cara mengukur Potensio adalah dengan mengukur hambatan posisi ada pada kaki 1 dengan no 3 , kita gunakan multitester sesuaikan dengan nilai hambatan yang tertera pada badan potensio contohnya 10K-20K-50K-100K . Untuk nilai hambatan 10K bisa kita gunakan multitester dengan posisi Ohm meter batas ukur 1K nantinya jarum akan bergerak sesuai dengan nilai hambatan yang tertera di badan potensio, untuk nilai lain bisa gunakan batas ukur 10K.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

1 2
tips ,trik,servis,elektronik yang kita tuliskan adalah pengalaman kerja kita sehari-hari semoga bisa bermanfaat , apabila ada kesulitan atau kurang jelas silahkan tinggalkan komentar anda....

Related Posts

1 of 2