Mar
4
2018

Mesin Las LITCH ECO1600-4U Hidup Sebentar Lalu Mati

Diagnosa

Mesin Las LITCH ECO1600-4U kalau saya hidupkan, awalnya terlihat normal tapi setelah beberapa saat langsung mati dan saya coba offkan trus nyalakan lagi tetap tidak bisa hidup.

Modelnya :

Apakah yang menyebabkannya ?

Saya buka Mesin Las LITCH ECO1600-4U untuk saya lakukan pengecekan kiranya komponen apa yang menjadi penyabab kerusakan. Saya ukur vcc dari PLN setelah melewati dioda penyearah ( DC ) disini terukur +- 300 volt, ada 2 rangkaian disini yang terhubung :

  • SMPS untuk system control disini menggunakan ic TOP244PN
  • SMPS untuk system output ( poin kerusakan tidak di area ini ) komponen terkait:
  1. Transistor IGBT kondisinya masih bagus
  2. Dioda juga kondisinya bagus

Supply masuk ke ic TOP244PN tapi terlihat ic tidak bekerja, supply B-up via resistor terukur drop hanya 2 volt saja, supply b-up didapatkan dari B+ 300 volt . Jadi saya pastikan ic TOP244PN rusak dan segera saya lepaskan dari board, ini yang sedikit merepotkan harus extra sabar selanjutnya saya pasangkan ic TOP244PN yang saya beli online.

Selesai pemasangan ic TOP244PN dan saya gantikan juga capasitor 47uf/50 volt, saya tes deh ? Hasilnya alhamdulillah Mesin Las LITCH ECO1600-4U sudah berfungsi normal, outputnya 56 volt

Admin hamimservis.com : hamim

tips ,trik,servis,elektronik yang kita tuliskan adalah pengalaman kerja kita sehari-hari semoga bisa bermanfaat , apabila ada kesulitan atau kurang jelas silahkan tinggalkan komentar anda....

Komentar Anda

INFO KOMPONEN

AllDatasheet
.net

Kategori

Content Protection by DMCA.com