Mei
3
2012

Mainboard Televisi Cina Suara Prek-Prek

Diagnosa

Televisi jika kita hidupkan kalau untuk gambar tidak ada masalah cuma untuk suara pada awalnya tidak ada, sstelah beberapa jam suara mulai terdengar tetapi seperti speaker rusak/ prek-prek.

Televisi yang sedang kita coba perbaiki adalah merk Toshiba cuma sudah diganti mainboard-nya dengan merk Cina.

Apakah yang menyebabkannya? Segera kita selidiki.

Untuk mengatasi permasalahan yang seperti ini kita hanya perlu memeriksa bagian amplifier, pada mainboard ini menggunakan IC TDA 2003. Untuk IC jarang sekali mengalami kerusakan pada pemakaian wajar, terkecuali kerusakan akibat terkena petir. Komponen yang mesti kita periksa hanya Capasitor, dimana komponen ini memang retan mengalami kerusakan akibat efek panas.

Pada kasus yang sedang kita coba perbaiki memang kerusakan ada Capasitor dengan kapasitas 470uF/25 volt. Untuk posisi pada mainboard bisa kita lihat pada gambar berikut:

Capasitor amplifier mainboard televisi Cina

Segera kita ganti Capasitor-nya dan setelahnya kita coba kembali hidupkan televisi ? Hasilnya alhamdulillah fungsi suara sudah normal kembali.

Artikel Terkait

Admin hamimservis.com : hamim

tips ,trik,servis,elektronik yang kita tuliskan adalah pengalaman kerja kita sehari-hari semoga bisa bermanfaat , apabila ada kesulitan atau kurang jelas silahkan tinggalkan komentar anda....

Komentar Anda

INFO KOMPONEN

AllDatasheet
.net

Kategori

Content Protection by DMCA.com