Apr
15
2018

LED KONKA 29RS600 Layar Gelap

Diagnosa

Kondisi saat arus listrik masuk hanya lampu indikator saja yang terlihat menyala, layar gelap dan suara penerimaan tv juga tidak terdengar.

Modelnya :

Apakah yang menyebabkannya ?

Langsung saja saya lepaskan baut-baut penutup casingnya yang lumayan banyak, setelah terlepas tampak single modul board ( PSU + Logicboard ), seperti ini :

Voltase out dari power supply terukur 12 volt, dari sini terpecah dengan penggunaan regulator yang terbagi menjadi 3,3 volt untuk controller dan 1,8 untuk system keseluruhan ( kondisi tv on baru on ) . Saat tv on terlihat tampilan logo KONKA , dengan kondisi layar gelap ( samar-samar ). Jadi tampak ada masalah dibagian backlight, untuk ini saya lakukan pengukuran di line out backlight , saat tv on saya ukut tegangan supply untuk backlight : tetap 12 volt.

Dari hasil pengukuran tampak system DC to DC step up tidak bekerja disini menggunakan ic LD5850 , datasheet :

saya ukurĀ  supply pin 1 ic LD 5850 saat tv on : 0 volt , ini disebabkan ada capasitor yang rusak sehingga terjadi hubung singkat , lokasinya :

Setelah saya lepaskan dan gantikan , kini system dc to dc step-up sudah berfungsi dan lampu backlight sudah tampak menyala saat tv on.

Admin hamimservis.com : hamim

tips ,trik,servis,elektronik yang kita tuliskan adalah pengalaman kerja kita sehari-hari semoga bisa bermanfaat , apabila ada kesulitan atau kurang jelas silahkan tinggalkan komentar anda....

Komentar Anda

INFO KOMPONEN

AllDatasheet
.net

Kategori

Content Protection by DMCA.com