Artikel Terbaru

Tuesday, April 23, 2024
Belajar elektronikTips & Trik

Kiat Pemasangan Komponen Elektronik di PCB

 

Komponen elektronik yang digunakan secara umum pada perangkat elektronik biasanya terdiri dari IC , Transistor, Capasitor, Resistor, Dioda . Dalam kaitan artikel yang kita buat kali ini hanya pembahasan bagaimana posisi pemasangannya di PCB, mungkin hal ini bisa menjadi pelajaran untuk pemula. Komponen yang mesti dipasang secara benar adalah IC – Transistor – Capasitor – Dioda , maksudnya tidak boleh terbalik terkecuali Resistor ( boleh bolak-balik ) . Penjabarannya kita mulai dari  :

IC ( integrated circuit )

IC mempunya banyak varian yang secara umum 2×4 (8 kaki ) , 2×8 (16 kaki ) untuk model duduk dan 1×7 ( 7 kaki ) , 1×9 ( 9 kaki ) untuk model berdiri. Jumlah kaki IC akan semakin banyak tergantung dengan fungsinya, porsi pemasangan di PCB saat kita lakukan penggantian adalah dengan memperhatikan kaki no 1 dan ini bisa kita lihat dengan adanya tanda titik di badanIC tersebut seperti  ini contohnya :

A standard-sized 8-pin dual in-line package (D...
A standard-sized 8-pin dual in-line package (DIP) containing a 555 timer IC. (Photo credit: Wikipedia)

 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

tips ,trik,servis,elektronik yang kita tuliskan adalah pengalaman kerja kita sehari-hari semoga bisa bermanfaat , apabila ada kesulitan atau kurang jelas silahkan tinggalkan komentar anda....

Related Posts

1 of 95