Mar
16
2019

Gantikan Soket USB Type C Nokia X6

Hari ini dapat servisan Hp Smartphone Nokia X6 dengan kasus kerusakan di soket USB type C , Hp ini jadi tidak bisa di cas sampai baterainya habis. Untuk mencari soket ini lumayan susah mungkin karena Hp baru , coba browsing akhirnya dapat juga di aliexpress. ini linknya bagi yang membutuhkan : klik here

Waktu pengiriman lumayan cepat 1 minggu 5 hari sudah sampai jakarta , langsung saja saya coba pasangkan. Untuk melepaskan cover belakang Hp Nokia X6 ini saya gunakan blower lalu saya gunakan plip plastikĀ  dari sisi bagian atasnya ( di congkel ) . Setelah terbuka covernya, lepaskan semua baut yang ada dan lepaskan cover pengaman board lalu lepaskan soket sensor fingerprint. Sekarang area soket charger lepaskan juga baut-bautnya lalu angkat boardnya. Tampilan soket USB type C untuk Nokia X6 :

Saya lepaskan soket USB type C yang rusak dari board menggunakan blower ( temperatur 100 derajat ) yang sudah berikan cairan siongka. Setelah terlepas saya bersihkan board lalu saya berikan timah baru dan sedot area dudukan soketĀ  ( supaya mudah dalam pemasangan nantinya ) . Soket USB type C yang baru saya berikan timah terlebih dahulu di kaki-kakinya, setelahnya baru saya letakan ke board lalu saya panaskan dengan blower.

Selesai proses ini saya bersihkan bekas siongka dengan tinner, sekarang tinggal saya tes apakah pemasangan soket ini sudah benar atau tidak . Cara mudah dengan menggunakan multitester dengan fungsi buzer, hasilnya soket sudah terpasang dengan benar ( semua kaki-kaki menempel ke board ). Lanjut saya pasangkan kembali board charger ini ke tempatnya lalu saya coba beri supply DC via charger, Alhamdulillah berhasil.

 

Admin hamimservis.com : hamim

tips ,trik,servis,elektronik yang kita tuliskan adalah pengalaman kerja kita sehari-hari semoga bisa bermanfaat , apabila ada kesulitan atau kurang jelas silahkan tinggalkan komentar anda....

Komentar Anda

INFO KOMPONEN

AllDatasheet
.net

Kategori

Content Protection by DMCA.com