Des
19
2011

DVD Player Vitron “712R” Mpeg Hang

Diagnosa

Ketika player dvd kita hidupkan dan kita masukan disc , sesaat tampak tampilan pada panel proses Loading . Tak lama kemudian Mpeg hang, semua tombol pada Panel Control tidak berfungsi.

model dvd vitron

Apakah yang menyebabkannya? Segera kita selidiki.

Pertama kita cek tegangan supply untuk Mpeg DVD payer yang pada umumnya 5 volt, Keadaan Power supply setelah kita periksa tidak ada masalah disini. Sekarang kita coba memeriksa Regulator dalam Mpeg.Sistem regulator Mpeg disini menggunakan Transistor S8550 sebagai komponen utamanya, dari transistor ini di dapat tegangan output 3,3 volt dan 1,6 volt.

Hasil pemeriksaan kita dapatkan tegangan keluaran dari Transistor, Dimana untuk tegangan 3.3 v0lt dalam keadaan normal. Begitu pula tegangan 1,6 volt namun sesaat waktu proses loading berlangsung? Baru kita tahu bahwa tegangan 1,6 volt mendadak drop. Inilah yang membuat Mpeg DVD Player menjadi hang.

Transistor type S855o dalam keadaan start awal dimana masih dalam kondisi dingin, Transistor masih dapat menyupply tegangan 1,6volt ke Mpeg. Namun setelah temperatur pada badan Transistor naik membuat kinerjanya menjadi berkurang .Karena letak kerusakan sudah kita ketahui, segera kita siapkan Transistor pengganti dan langsung memasangkannya pada Mpeg. Buat memperpanjang umur Transistor sebaiknya diberi kepingan pendingin pada badan Transistor-nya. Gunakan bahan yang mudah menyerap panas.

Mpeg setelah di pasangkan Transistor berikut kepingan pendingin, bisa kita lihat pada gambar berikut:

Mpeg dvd vitron

Selanjutnya kita coba menghidupkan DVD player ? Alhamdulillah DVD Player Vitron sudah kembali normal.

Artikel Terkait

Admin hamimservis.com : hamim

tips ,trik,servis,elektronik yang kita tuliskan adalah pengalaman kerja kita sehari-hari semoga bisa bermanfaat , apabila ada kesulitan atau kurang jelas silahkan tinggalkan komentar anda....

Komentar Anda

INFO KOMPONEN

AllDatasheet
.net

Kategori

Content Protection by DMCA.com