Nov
2
2012

Dioda Zener

Dioda Zener adalah komponen yang dapat menstabilkan tegangan dimana dalam kerjanya dibantu oleh Resistor. Di dalam rangkaian elektronik terkadang kita sering menemukannya dan biasanya berada pada bagian catu daya/ regulator. Bentuk dioda zener bervariasi tergantung dengan besar kemampuannya dalam hal ini Watt, secara umum yang ada dipasaran adalah setengah Watt.

Jika kita mau tahu berapa volt yang bisa di stabilkan oleh dioda zener caranya adalah dengan melihat kode yang ada di body dioda zener-nya. Contohnya 5,1 – 6,2 -6,8 -9,1 -12 dan masih banyak yang lainnya, yang agak menyulitkan adalah jika menggunakan kode warna karena sampai sekarang kita belum paham bagaimana cara membacanya, jenis dioda zener ini sering kita jumpai di mainboard televisi Panasonic.

Simbol dioda zener :

Dengan sifatnya yang bisa menstabilkan tegangan makanya sering dioda zener dipergunakan dalam rangkaian regulator. kita bisa menggunakan dioda zener untuk membuat adaptor 13,8 volt dengan bantuan dioda zener 15 volt dimana menggunakan transistor 2sc1815 untuk driver awal dan untuk driver akhir bisa kita gunakan 2SD313 atau bisa menggunakan type lain.

Cara membuatnya juga tidak susah yaitu :

Tegangan supply awal dari adaptor adalah 24 volt dari sini kita pasangkan Resistor 1 K? dan dari kaki resistor kita pasangkan dioda zener dengan kaki zener yang satunya kita pasangkan ke ground/ min adaptor. Selanjutnya dari hubungan dioda zener dan resistor kita lanjut menghubungkannya ke transistor 2sc1815 ke kaki basis untuk kaki colector kita pasangkan resistor 10 ohm dan kita hubungkan ke tegangan supply awal yaitu 24 volt. Dari sini kita ambil output dari kaki emitor transistor 2sc1815 dan kita hubungkan lagi ke transistor berikutnya dengan pola pemasangan yang sama. Contoh gambarnya bisa dilihat pada gambar berikut :

baru-diagram

Untuk mendapatkan arus yang besar bisa memasangkan transistor 2sd313 beberapa buah dengan posisi pemasangan model pararel. Jika mau menggunakan Ic juga bisa yaitu meenggunakan type 7812 atau dengan Ic type Lm 317 semuanya tergantung maunya kita yang mau bikin. Balik ke dioda zener , bagaimana cara mengukurnya ? Untuk ini hampir sama dengan cara kita mengukur dioda biasa . Tanda kerusakan pada dioda zener yaitu jika kita ukur degan multitester akan terukur bolak-balik dengan nilai 0 ohm.

Artikel Terkait

Admin hamimservis.com : hamim

tips ,trik,servis,elektronik yang kita tuliskan adalah pengalaman kerja kita sehari-hari semoga bisa bermanfaat , apabila ada kesulitan atau kurang jelas silahkan tinggalkan komentar anda....

Komentar Anda

INFO KOMPONEN

AllDatasheet
.net

Kategori

Content Protection by DMCA.com