Apr
23
2012

Amplifier Pioner VSA530 Mati-Total

Diagnosa

Amplifier Pioner jika kita coba hidupkan , lampu indikator pada panel control terlihat tidak menyala .

Apakah yang menyebabkannya? Segera kita selidiki.

Perbaikan kita mulai dengan memeriksa fuses/sikring yang ada pada mainboard amplifier-nya.Hal ini akan lebih memudahkan kita melacak area yang mengalami kerusakan.Setelah kita buka Amplifier-nya disini kita temukan adanya 2 buah sikring yang sudah putus.Tentunya sudah terjadi hubung singkat pada komponen yang terhubung dengan jalur ini, komponen apakah gerangan?

Untuk ini kita mesti menelusuri jalur, dan ternyata kerusakan ada pada IC Upc 1188. Jalur tegangan ini juga digunakan untuk sistem Tone Control,makanya semua fungsi tidak bisa kita gunakan padahal Power Amplifier utamanya tidak mengalami kerusakan. Amplifier Pioner ini adalah model Home Theater, jadi beberapa output di keluarkan dari amplifier ini . Dan IC Upc 1188 adalah untuk fungsi speaker surround.

Segera kita siapkan IC Upc 1188 pengganti dan langsung kita pasangkan pada mainboard amplifier-nya, tak lupa juga kita pasangkan sikring yang baru sebanyak 2 buah dengan besaran 3 Amper/250 volt. Tampak IC Upc 1188 setelah kita pasangkan pada mainboard :

IC Upc 1188 Amplifier Pioner

Kini kita coba kembali hidupkan Amplifier-nya? Hasilnya Alhamdulillah amplifier sudah kembali normal. Semua fungsi yang ada pada Amplifier sudah dapat kita pergunakan kembali.

Artikel Terkait

Admin hamimservis.com : hamim

tips ,trik,servis,elektronik yang kita tuliskan adalah pengalaman kerja kita sehari-hari semoga bisa bermanfaat , apabila ada kesulitan atau kurang jelas silahkan tinggalkan komentar anda....

Komentar Anda

INFO KOMPONEN

AllDatasheet
.net

Kategori

Content Protection by DMCA.com