tips and trik servis elektronik

Friday, August 22, 2014
Selamat Hari Raya Idul Fitri 1435H Minal aidin wal faidzin , Mohon Maaf Lahir Dan Bathin

28
2012

Tape Compo Polytron Dvd No Disc

Diagnosa

Tape Compo Polytron mengalami kerusakan pada bagian Dvd player, Untuk fungsi-fungsi yang lain seperti Tape maupun Radio tidak mengalami kerusakan.

Model seperti ini:

Tape Compo Polytron

Komponen utama dalam dvd player adalah Optik‘ apakah memang karena Optik yang sudah tidak bagus? sehingga menyebabkannya menjadi No Disc apabila kita masukan piringan Disc/Dvd maupun Cd. Marilah kita selidiki?
Awal pemeriksaan kita lakukan dengan menghidupkan Tape lalu pindahkan Selector Fungsi ke Dvd‘ buka tutup dan masukan piringan disc.

Perhatihkan proses loading? Apabila piringan Disc yang kita masukan Optik bisa membacanya walaupun hanya sebentar dan tak lama kemudian memberi sinyal No Disc, ini memberi kita gambaran bahwa Optik masih berfungsi . Tindakan perbaikan bisa kita lakukan dengan membersihkan Lensa bagian atas maupun Lensa bagian bawah.

Untuk membersihkan Lensa bagian atas memang mudah, bisa kita gunakan Cotton Bud sedangkan untuk Lensa bagian bawah, tidak semua type Optik bisa dibersihkan tapi ada beberapa yang bisa. Kalau kita paksakan mungkin bisa saja cuma resikonya Optik menjadi rusak.

Untuk type Optik yang di pakai pada Tape Compo Polytron adalah KHS 313 AAA, dimana tutup bagian atas sudah dibuka. baut pengikat juga hanya ada 2, kalau kita perhatikan perhitungan untuk posisi Lensa bagian atas sudah Paten‘ bila kita buka dan kita pasangkan kembali tidak ada perubahan. Ini bisa kita lihat karena tidak ada lem yang menempel pada sisi-sisi dudukan Lensa.

Berikut ini gambar Optik yang dipakai pada Tape Compo Polytron:

Optik KHS 313 AAA

Ada beberapa faktor yang menyebabkan tampilan menjadi No Disc diantaranya:

1 Optik yang sudah tidak bagus/ rusak

2 Motor SP yang sudah tidak bagus/ rusak

3 Motor SL yang sudah tidak bagus/ rusak

4 Mpeg Corrup Eeprom

5 Resistor untuk drive Motor SP 

6 Kabel Flexibel / Patah maupun berkarat

Dari hasil pengecekan yang kita lakukan ternyata Optik masih berfungsi. Akan tetapi tidak begitu optimal dikarenakan adanya kotoran pada Lensa bagian bawah. Segera kita buka Optik dan membersihkannya ,Alhamdulillah Optik sudah bisa berfungsi kembali.

Tips

1 Optik pengganti bisa kita pakai dengan type HD 62 , HD 65 jika kita tidak menemukan versi yang sejenis.

2 Proses pemasangan maupun pelepasan Optik sebaiknya Segel kembali Dioda Laser-nya untuk menghindari Shot karena kena listrik statis dari tangan kita

3 Jika memang mau menganti dengan Optik yang baru tentunya dengan type yang sama, tutup plastik bagian atas tidak usah dibuka.

4 Optik type KHS 313 AAA adalah sama dengan type KHS 310 AAA

 

Enhanced by Zemanta

Artikel Terkait

Admin hamimservis.com : hamim

tips ,trik,servis,elektronik yang kita tuliskan adalah pengalaman kerja kita sehari-hari semoga bisa bermanfaat , apabila ada kesulitan atau kurang jelas silahkan tinggalkan komentar anda....

2 Comments + Add Comment

  • Mo nanya ni q mo coba servis radio tape polytron model psc-36kvb gak ada suara radionya baik am/fm.Kl tapenya bagus.Apanya yg musti di ganti?Trim sblmnya

    • coba di cek tegangan supply 5 volt untuk bagian radio.

Komentar Anda

live now

Sering Dibaca

DAFTARKAN WEB/BLOG ANDA

DAFTARKAN WEB/BLOG ANDA