Artikel Terbaru

Tuesday, April 23, 2024
Television

PS52UV59: Televisi Polytron ” Matot/Mati-Total

Diagnosa

Televisi Polytron jika kita hidupkan ” listrik langsung jepret.

model-televisi-Polytron

Apakah yang menyebabkannya? Segera kita selidiki .

Model televisi Polytron:

Hasil pengecekan kita dapatkan adanya kerusakan pada bagian power supply, untuk lebih jelasnya bisa di lihat pada gambar berikut:

Mainboard-tv-Polytron-power-supply-area

Komponen utama yang digunakan pada power supply ini adalah Transistor type P7N65 sebagai switching . Mungkin dari temperatur yang sedemikian panas pada Transistor yang menyebabkannya menjadi rusak. Televisi Polytron ini menggunakan tabung model Flat Slim, Penggantian spare-part kita tidak menggunakan versi asli-nya’ karena pertimbangan masalah kekuatannya.

Disini kita mengganti dengan Transistor yang lebih besar kapasitasnya, kalau sebelumnya arus 7 amper kita ganti dengan yang 10 amper. Model Transistor yang kita pakai adalah FS-10KM dari varian televisi Polytron sebelumnya. Biasanya Transistor ini di gunakan di televisi Polytron 29 inc.

Segara kita lepaskan dan mengantinya dengan yang baru, oh iya Transistor type C1815 juga harus kita ganti karena menggalami kerusakan . Letaknya adalah yang dekat capasitor nano, Transistor ini memang kecil tapi fungsinya yang besar, untuk mengatur besaran tegangan yang di keluarkan dari power supply. Posisi persisnya bisa dilihat pada gambar berikut :

mainboard-tv-polytron-power-300x108

Setelah di ganti kini saatnya kita tes menghidupkan televisi’ Alhamdulillah televisi sudah bisa hidup lagi, Syukur dah cuma sedikit saja yang rusak.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 2 / 5. Vote count: 2

No votes so far! Be the first to rate this post.

tips ,trik,servis,elektronik yang kita tuliskan adalah pengalaman kerja kita sehari-hari semoga bisa bermanfaat , apabila ada kesulitan atau kurang jelas silahkan tinggalkan komentar anda....

Related Posts

1 of 43