Artikel Terbaru

Sunday, July 21, 2024
Computer

Laptop Asus W7J No Display

Diagnosa

Laptop Asus seri W7J,  Ketika kita hidupkan laptopnya terdengar suara Log in tetapi tampilannya di LCD-nya tidak ada.

Apakah yang menyebabkannya? Segera kita selidiki.

Pengecekan awal untuk masalah ini adalah dengan memeriksa Chip video card-nya. Nvidia inilah yang menghasilkan output gambar, untuk laptop Asus W7J.

Karena tidak bekerjanya chip Nvidia inilah maka gambar tidak tampil di layar LCD-nya, solusi untuk ini hanya ada 2 cara:

1 Mengganti Chips Video Card-nya, dengan harga yang relatif mahal.

2 Memanaskan Chips Video Card-nya.

Cara kedua-lah yang kini kita coba terapkan, karena bisa meminimalkan biaya perbaikannya. Peralatan yang mesti di siapkan adalah SMD REWORK STATION atau lebih di kenal dengan sebutan solder uap.

Mobo ASUS/

Di atas bisa di lihat letak chip Nvidia-nya, ada tanda panah di situ. Selanjutnya kita tinggal melepaskan kepingan pendingin, karena chip Nvidia berada di bawahnya. Buka baut-nya ada lima buah lalu di angkat, lepaskan juga soket Fan-nya. Selanjutnya panaskan solder uap-nya dengan temperatur 380 derajat dengan air 3,5.

Berikan cairan liquit losfett secukupnya di chip Nvidia-nya, Sekarang kita mulai memanaskan chip Nvidia-nya. Waktu pemanasan kurang lebih selama 2 menit setelah itu di diamkan selama 15 menit supaya temperatur kembali normal[ dingin].

Pasang kembali semua yang tadi dibuka , kepingan pendingin berikut kabel Fan-nya. Sekarang kita coba kembali menghidupkan laptopnya? Hasilnya Alhamdulillah gambar di monitor sudah tampil dan kini kita sudah bisa login kembali

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

tips ,trik,servis,elektronik yang kita tuliskan adalah pengalaman kerja kita sehari-hari semoga bisa bermanfaat , apabila ada kesulitan atau kurang jelas silahkan tinggalkan komentar anda....

Related Posts

1 of 4