Artikel Terbaru

Friday, July 12, 2024
Uncategorized

Automatis Thermometer Controller Trouble

Diagnosa

Automatis Thermometer Controller mengalami kerusakan untuk fungsi saklar on-off. Alat ini adalah sebagai pembatas suhu elemen pemanas dimana jika panas yang dihasilkan sudah tercapai maka alat ini akan memutuskan aliran listrik ke elemen pemanas.

Model Automatis Thermometer Controller :

automatis thermometer controller

Apakah yang menyebabkannya ? Segera kita selidiki.

Rangkaian yang dipergunakan sangatlah sederhana, disini memakai 2 buah IC. Kita coba periksa tegangan yang masuk ke dalam rangkaian dan hasilnya normal yaitu 12 volt, sebagai media switch on-off pada rangkaian ini menggunakan Relay. Pemeriksaan kita lanjutkan ke arah mana letak tegangan control untuk mengaktifkan Relay dan akhirnya kita dapatkan dari IC .

Bentuk rangkaian adalah seperti ini:

Rangkaian automatis thermometer controller

Relay yang tidak bisa berfungsi ketika kita atur Potensio ternyata di sebabkan rusaknya IC Tl 741. IC Tl 741 dipergunakan sebagai media switch dimana disini dipasangkan sensor untuk mendeteksi suhu elemen pemanas. Sinyal dari sensor diterima IC Tl 741 dan setelahnya barulah diberikan outputnya ke IC yang satunya untuk memutuskan aliran listrik ke elemen pemanas.

Segera kita lepaskan IC Tl 741 dan memasangkannya dengan yang baru, setelah selesai kita coba hidupkan lalu kita putar potensio suhu ? Hasilnya Alhamdulillah automatis thermometer controller sudah berfungsi kembali.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

tips ,trik,servis,elektronik yang kita tuliskan adalah pengalaman kerja kita sehari-hari semoga bisa bermanfaat , apabila ada kesulitan atau kurang jelas silahkan tinggalkan komentar anda....

Related Posts