Artikel Terbaru

Monday, April 15, 2024
Belajar elektronik

Trik perakitan Amplifier

Merakit amplifier menjadi pekerjan yang menyenangkan buat kita yang sedang belajar elektronika, terkadang ada sesuatu yang timbul setelah perakitan amplifier-nya selesai yaitu timbulnya suara dengung . Walaupun volume sudah kita kecilkan tetap saja suara dengung terdengar dari speaker, bagaimana cara menanggulangi permasalahan ini ?

Berikut ini kita beri solusinya diantaranya adalah :

  • Salah penempatan trafo, kesalahan disini biasanya kerena letaknya berdekatan dengan tone control untuk amplifier-nya. Sebenarnya hal ini bisa saja tidak terjadi jika kita menggunakan trafo yang model pabrikan alias copotan dari bawaan asli pabrik. Jika memang menggunakan trafo yang di jual di pasaran maka kita mesti menjauhkannya dari tone control.
  • Salah pengambilan ground untuk speaker, kabel ground atau min untuk speaker kita ambil dari kabel masukan ground untuk rangkaian power amplifier┬ájangan dari regulator-nya. Hal yang kita bahas ini adalah karena penggunaan rangkaian regulator sendiri jika memang menggunakan amplifier yang sudah jadi satu dengan regulator maka untuk yang satu ini bisa di abaikan.
  • Bertemunya dua kali ground pada rangkaian, maksudnya jika kita sudah mendapatkan satu line ground maka untuk ground sasis kita ambil dari tempat awal kita dapatkan ground tersebut. Contohnya pada rangkaian power amplifier ada line input untuk tone control , dari line ini kita sudah mendaptkan ground maka tidak perlu lagi mengambil ground dari tempat lain.
  • Kabel input tidak terlindung,, sebaiknya menggunakan kabel head yang isi 3 efek yang terjadi biasanya timbul suara storing jika menggunakan kabel biasa.
  • Penggunaan capasitor yang kurang besar kapasitasnya, ini juga menjadi sebab timbulnya suara dengung.
  • Penggunaan tone control dengan power supply sendiri, perhatihkan nilai capasitor filter-nya

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 1 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

tips ,trik,servis,elektronik yang kita tuliskan adalah pengalaman kerja kita sehari-hari semoga bisa bermanfaat , apabila ada kesulitan atau kurang jelas silahkan tinggalkan komentar anda....

Related Posts

1 of 12