Mei
16
2012

Televisi Toshiba 5135DE Vertikal Trouble

Diagnosa

Televisi toshiba jika kita hidupkan tampilan pada layar monitor kita lihat tidak penuh, sangat pendek sekali kalau diukur paling cuma 15 cm.

Model televisi Toshiba :
Televisi Toshiba 5135DE
Apakah yang meyebabkannya ? Segera kita selidiki.
Permasalahan yang terjadi pada televisi ini ada pada bagian Vertikal, jadi pemeriksaan hanya kita lakukan pada rangkaian vertikal saja. Dari hasil gambar yang sangat pendek ini kita sudah bisa pastikan IC Vertikal-nya masih dalam keadaan baik, Kemungkinan ada komponen pembantu dalam sistem vertikal yang mengalami kerusakan.
Pemeriksaan kita alamatkan pada Capasitor yang ada pada sistem output Vertikal, pedoman yang kita gunakan adalah melihat kapasitas Capasitor yang digunakan pada sistem Vertikal. Secara umum kapasitas Capasitor yang sering mengalami kerusakan adalah:
  • 1 uf / 50 volt
  • 2,2 uf  / 50 volt
Akhirnya memang benar terjadi kerusakan pada Capasitor 1uf/50 volt, posisi capasitor di mainboard televisi-nya bisa kita lihat pada gambar berikut:
Posisi capasitor di mainboard televisi Toshiba
Setelah kita adakan penggantian capasitor 1uf/50 volt kini kita coba kembali hifupkan televisi ? Hasilnya Alhamdulillah gambar pada layar monitor sudah kembali normal.

Artikel Terkait

Admin hamimservis.com : hamim

tips ,trik,servis,elektronik yang kita tuliskan adalah pengalaman kerja kita sehari-hari semoga bisa bermanfaat , apabila ada kesulitan atau kurang jelas silahkan tinggalkan komentar anda....

Comments are closed.

INFO KOMPONEN

AllDatasheet
.net

Kategori

Content Protection by DMCA.com