Artikel Terbaru

Friday, May 17, 2024
Television

Televisi Sanyo CG21YS2 Tidak Ada Gambar

Diagnosa

Televisi Sanyo jika kita hidupkan cuma terlihat lampu indikatornya saja yang menyala, pada layar monitor sama sekali tidal ada gambar yang dikeluarkan apalagi suaranya.

Model televisi Sanyo :

model-Televisi-Sanyo-CG21YS2-300x225

Apakah yang menyebabkannya ? Segera kita selidiki .

Untuk memperbaiki kerusakan seperti ini langkah pertama kita mulai dengan memeriksa tegangan B+ yang dalam kondisi normal adalah 125 volt. Dalam pengukuran dengan multitester kita dapatkan tegangan mengalami drop, itu terlihat ketika televisi mau hidup/ start-up. Dengan tegangan awal yang terlihat normal itu bisa memastikan kita transistor horizontal masih dalam kondisi bagus, jadi kemungkinan kerusakan ada komponen lain dimana masih di area horizontal.

Satu-persatu kita adakan pemeriksaan dari komponen capasitor area colector playback sampai dengan dioda recovery, hasil pemeriksaan semuanya masih dalam kondisi bagus. Jadi cuma satu yang belum kita periksa adalah playback, dan memang benar setelah kita coba lepaskan dari CRT kabel output HV-nya tidak terlihat percikan tegangan sisanya.

Segera kita lepaskan playback dari mainboard untuk memasangkan playback baru, ada kesulitan disini dimana kita tidak menemukan type playback sejenis/ sama jadi kita coba memakai type lain. Model asli playbacknya bisa dilihat pada gambar berikut :

Playback-BSC-27-7601S-300x225

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

1 2
tips ,trik,servis,elektronik yang kita tuliskan adalah pengalaman kerja kita sehari-hari semoga bisa bermanfaat , apabila ada kesulitan atau kurang jelas silahkan tinggalkan komentar anda....

Related Posts

1 of 43