Artikel Terbaru

Tuesday, April 16, 2024
Television

Televisi Samsung CS-29Z40MN Mati-Total

Diagnosa

Televisi Samsung jika kita coba hidupkan sama sekali tidak ada tanda-tanda kehidupan, itu kita lihat dari lampu indikatornya yang tidak menyala. Televisi ini sudah bekas servisan, jadi mungkin menemukan kesulitan untuk mencari lokasi kerusakannya .

Model televisi Samsung :

model-Televisi-Samsung-CS-29Z40MN-300x225

Apakah yang menyebabkannya ? Segera kita selidiki .

Kasus kali ini yang dialami televisi Samsung adalah mati-total dan pemeriksaan untuk pertama kali kita lakukan pada Transistor horizontal. Dan memang benar adanya transistor ini sudah dalam kondisi shot/ hubung singkat antara colector ke emitor-nya. Segera kita lakukan pelepasan transistor dari mainboard dan kita lakukan pemeriksaan lanjutan dengan poin masih di area horizontalnya.

Kita coba ukur dioda recovey pada bagian horizontal disini menggunakan 2 buah, kita dapatkan dalam kondisi baik dan untuk lebih memastikan kita coba hidupkan televisi-nya dan hasilnya jalur control horizontal kita dapatkan adanya tegangan 155 volt ? Tentunya hal ini tidak boleh terjadi mengingat jalur ini hanya yang bisa lewat arus tegangan osilasi saja. Kita matikan televisinya dan kita ukur ulang dan hasilnya adalah 1 buah dioda recovey mengalami kerusakan dan kita siapkan pengganti dengan type BY299. Posisi dioda yang kita maksud bisa dilihat pada gambar berikut :

dioda-recovery-mainboard-televisi-samsung-300x225

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

1 2
tips ,trik,servis,elektronik yang kita tuliskan adalah pengalaman kerja kita sehari-hari semoga bisa bermanfaat , apabila ada kesulitan atau kurang jelas silahkan tinggalkan komentar anda....

Related Posts

1 of 43