Artikel Terbaru

Tuesday, September 26, 2023
Television

Televisi Bomba Cina” Nyala Langsung Scan Program”

Diagnosa

Televisi Bomba Cina kita coba hidupkan? tak lama kemudian tampilan pada layar lagi posisi auto-scan; setelah kita tunggu sesaat tidak satu siaranpun yang bisa ditangkap. Televisi sudah dari bengkel servis lain rupanya, cuma tidak bisa menemukan letak kerusakannya.

Untuk memperbaiki kasus seperti ini sebenarnya tidak terlalu sulit, terlihat sebelum televisi di bawah ke tempat kita mekanik sudah berusaha mengganti Tuner” tapi tetap tidak membawa hasil. Bilamana dia bisa membaca diagram dalam mainboard tentunya tidak begitu ribet untuk memblog letak kerusakan.

Begini cara mengetahui apakah Tuner mendapatkan supply tegangan yang benar” sesuai dengan model tentunya. Pada mainboard ini tegangan supply untuk Tuner adalah 12 volt, begini perinciannya berdasarkan pinout Tuner:

  • Tegangan Control 12 volt untuk chanel UHF
  • VT , Tegangan untuk ini adalah 0-32 volt/ scan chanel
  • Tegangan Control 12 volt untuk chanel VHF Hight
  • AGC (automatis gain control)
  • Tegangan control 12 volt untuk VHF LOW
  • AFT (automatis fine tuning )
  • BM ( supply 12 volt)
  • IF out

Cara kerja Tuner adalah jika pinout pertama diberi tegangan 12 volt, maka Tuner ini hanya mencari gelombang pada chanel UHF saja begitu pula untuk pinout yang lain ( VHF hight- low) . Dalam kasus sekarang ini yang sedang kita periksa, Tegangan control untuk pinout 1 mengalami penyusutan cuma ada 5 volt yang seharusnya 12 volt. Untuk pinout 3 dan 5 sama sekali tidak ada tegangan, walaupun perintah sudah diberi dari IC Panel Control.

Dengan berkurangnya tegangan untuk control membuat Tuner tidak bisa berfungsi seperti biasanya. Tegangan supply di peroleh dari IC LA 7910 yang secara automatis berdasarkan perintah IC Control Panel. Kita cek Tegangan perintah di kaki no 3-4 pada IC LA7910 ada, tapi tegangan control tetap berada dikaki no 8 dengan besaran 5 volt.

Dengan begini sudah dapat di pastikan IC LA7910 mengalami kerusakan, IC sudah tidak bisa memberi tegangan supply yang di perlukan oleh Tuner. Perbaikan untuk ini adalah mengganti IC tersebut, Bentuk IC LA7910 tampak pada gambar berikut:

IC LA 7910

Setelah kita ganti IC LA7910 kini televisi sudah bisa menerima siaran lagi, komplit kagak ada yang ketinggalan. Alhamdulillah selesai sudah kerjaan kita, semua berjalan lancar.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

tips ,trik,servis,elektronik yang kita tuliskan adalah pengalaman kerja kita sehari-hari semoga bisa bermanfaat , apabila ada kesulitan atau kurang jelas silahkan tinggalkan komentar anda....

Related Posts

1 of 43